Sejarah Hari Ini: Pelatihan Pramuka Untuk Pertama Kali

Sejarah Hari Ini: Pelatihan Pramuka Untuk Pertama Kali

24 Januari 2020
Ilustrasi [Foto: Istimewa/internet]

Ilustrasi [Foto: Istimewa/internet]

RIAU1.COM - Pramuka pertama kali di perkenalkan tahun 1908 oleh komandan militer Inggris Kolonel Robert Stephenson Baden-Powell.

Terinspirasi dari aksinya yang merekrut anak-anak berusia di bawah 15 tahun dijadikan korps taruna saat berada di medan perang. Kala itu mereka bertugas sebagai kurir penyampai pesan kepada para perwira ke pasukan-pasukan Inggris.

Pramuka sendiri pertama kali diperkenalkan pada remaja Inggris yang dilatih di Brownsea Island, Poole Harbour, Dorset, Inggris. Mereka diberi latihan kepemimpinan yang diberi nama gerakan kepanduan dinukil dari tirto.id, Jumat, 24 Januari 2020.

Saat itu Baden-Powell hanya ikut membina remaja ini lalu berangsur mulai membina kepanduan lainnya. Di Amerika Serikat, Fredrick Russell Burnham, sahabatnya sewaktu di Afrika juga menjadi tokoh kepanduan.  

Gerakan kepanduan kemudian mendunia. Termasuk di Indonesia yang mencetak para pemuda pergerakan nasional. Di Indonesia gerakan kepanduan namanya diubah menjadi Pramuka atau kepanjangan dari Praja Muda Karana.