Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad Mengajukan Pengunduran Diri

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad Mengajukan Pengunduran Diri

24 Februari 2020
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad Mengajukan Pengunduran Diri

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad Mengajukan Pengunduran Diri

RIAU1.COM - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad telah mengumumkan pengunduran dirinya, membuka jalan bagi kemungkinan pembentukan pemerintahan baru.

Mahathir mengatakan dalam pernyataan dua baris bahwa ia telah memberi tahu raja negara itu tentang pengunduran dirinya pada pukul 13:00 waktu Kuala Lumpur (0500 GMT), Senin.

Partai Mahathir, Parti Pribumi Bersatu Malaysia, juga telah keluar dari koalisi pemerintah yang berkuasa, Pakatan Harapan (Aliansi Harapan), menurut presiden partai, Muhyiddin Yassin, yang meragukan masa depan kemitraan.

Keputusan Mahathir mengikuti akhir pekan pertengkaran politik, setelah dilaporkan pada Minggu malam bahwa partainya berencana untuk membentuk pemerintahan baru yang akan mengecualikan penggantinya yang diurapi, Anwar Ibrahim.

Pada hari Minggu malam sekutu Mahathir, beberapa anggota Partai Keadilan Rakyat (PKR) yang membangkang, dan sejumlah anggota Parlemen lainnya, termasuk dari oposisi, UMNO, mengadakan pembicaraan di pinggiran ibukota, Kuala Lumpur, memicu spekulasi dari kehancuran pemerintahan koalisi yang akan datang.

Perselisihan antara saingan lama Mahathir, 94, dan Anwar, 72, adalah babak terakhir dalam kisah politik yang sudah berlangsung lama antara dua tokoh politik paling terkemuka di negara itu.

Anwar dan Mahathir bersatu menjelang pemilihan 2018 untuk mengusir koalisi Barisan Nasional yang didominasi UMNO yang telah memerintah negara Asia Tenggara selama enam dekade, dalam kemenangan mengejutkan yang mengarah pada pemecatan Perdana Menteri saat itu, Najib Razak.

Mahathir juga berulang kali berjanji untuk menyerahkan kekuasaan kepada musuh sebelumnya.

Tetapi ketegangan antara keduanya dalam aliansi Pakatan Harapan mereka telah meningkat, ketika Mahathir menolak menetapkan jadwal khusus untuk menepati janjinya untuk menyerahkan kekuasaan kepada Anwar.

Nasib politik koalisi telah berkurang dengan kekalahan dalam lima pemilihan sela baru-baru ini.

Anwar juga berpisah dengan pasangannya, Mohamed Azmin Ali, menteri urusan ekonomi, yang termasuk di antara mereka yang bergabung dalam pertemuan pada Minggu malam. Pada hari Senin, Partai Keadilan Rakyat Anwar (PKR) mengumumkan pengusiran Azmin sebagai anggota.

Sementara itu, Azmin mengumumkan bahwa ia telah keluar dari partai Anwar, membawa bersamanya 10 anggota pemberontak PKR, yang hingga Senin adalah mitra dominan koalisi yang berkuasa.

Setidaknya 112 suara dari anggota parlemen dengan 222 kursi diperlukan untuk membentuk pemerintahan baru.

Anwar adalah wakil Mahathir ketika yang terakhir adalah perdana menteri selama masa jabatan pertamanya dari 1981 hingga 2003. Tetapi Mahathir memecatnya pada tahun 1998 setelah mereka tidak setuju tentang bagaimana menangani krisis keuangan negara.

Segera setelah itu, Anwar dipenjara karena sodomi, tuduhan yang katanya dibuat-buat.

 

 

 

 

R1/DEVI