Raja Malaysia Terima Pengunduran Diri Mahathir Mohamad dari Jabatan Perdana Menteri

Raja Malaysia Terima Pengunduran Diri Mahathir Mohamad dari Jabatan Perdana Menteri

24 Februari 2020
Mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohamad. Foto: AFP.

Mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohamad. Foto: AFP.

RIAU1.COM -Raja Malaysia menerima pengunduran diri Mahathir Mohamad dari jabatan perdana menteri. Namun, Raja kembali menunjuk pemimpin 94 tahun itu menjadi perdana menteri sementara.

Dilansir dari Kumparan.com, pengunduran diri Mahathir diterima oleh Yang Dipertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah pada Senin (24/2/2020). Selama belum ada penggantinya, Raja memerintahkan Mahathir kembali memimpin.

"Sebagai Perdana Menteri sementara, dia akan menjalankan pemerintahan negara sampai perdana menteri baru ditunjuk dan kabinet dibentuk," kata Kepala Sekretaris Negara Mohd Zuki Ali.

Belum diketahui siapa yang akan menggantikan Mahathir. Namun menurut peraturannya, Raja Malaysia bisa menunjuk penggantinya dari partai terbesar atau anggota parlemen dari koalisi mayoritas di Dewan Rakyat.

Tidak ada pernyataan dari Mahathir usai bertemu Raja sore tadi. Pada pemilu 2018, dia memang mengatakan akan mundur di tengah jalan dan memberikan kekuasaan pada Anwar Ibrahim.

Namun impian Anwar Ibrahim terancam kandas karena partai Mahathir, Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu), keluar dari koalisi Pakatan Harapan (PH). Partai Bersatu disebut akan membentuk koalisi mayoritas baru dengan UMNO, mendukung kepemimpinan Mahathir hingga akhir masa periode.