Muhyiddin Yassin, PM Malaysia yang Baru: Ayahnya Berasal dari Siak Riau, Ini Perjalanan Karirnya

Muhyiddin Yassin, PM Malaysia yang Baru: Ayahnya Berasal dari Siak Riau, Ini Perjalanan Karirnya

29 Februari 2020
PM Malaysia yang Baru, Muhyiddin Yassin.

PM Malaysia yang Baru, Muhyiddin Yassin.

RIAU1.COM - Politisi gaek, Muhyiddin Yassin menjadi Perdana Menteri Malaysia yang baru, menggantikan Mahathir Mohamad yang mengundurkan diri. 

Muhyidin Yassin ternyata punya darah Riau. Ayahnya bernama Haji Muhammad Yassin bin Mohammad berasal dari Siak, Provinsi Riau. 

 

 Istana Negara Malaysia menyatakan Tan Sri Muhyiddin Yassin akan dilantik sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia ke-8 pukul 10.30 pagi pada 1 Maret mendatang.

Dikutip dari media Malaysia, Thestar.com.my, setelah menerima perwakilan dari kedua belah pihak, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, telah menentukan bahwa Presiden Parti Pribumi Bersatu Malaysia itu adalah sosok "yang paling mungkin memimpin mayoritas," kata Istana dalam sebuah pernyataan, dikutip Sabtu (29/2020), seperti dilansir CNBCIndonesia. 

Rencana pelantikan Muhyiddin Yassin ini semakin memperkecil harapan Mahathir Mohamad untuk kembali berkuasa.

Padahal sebelumnya, Mahathir mencalonkan dirinya kembali sebagai PM.


Muhyiddin dan Mahathir sama-sama berasal dari Partai Bersatu, tetapi Mahathir kurang sependapat karena Muhyiddin mau berkoalisi dengan partai oposisi.

Sebelumnya Mahathir sempat resign dari jabatan itu, dan dipilih lagi oleh Raja Malaysia sebagai PM Sementara, pada awal pekan lalu.

Siapa sebenarnya Muhyiddin Yassin?

The Straits Times mencatat, Muhyiddin Yassin dikenal sebagai politikus veteran Malaysia dengan karier selama tiga dekade.

Dia telah menjabat sebagai menteri di kabinet selama dua masa jabatan Perdana Menteri Mahathir, serta selama jabatan mantan PM Najib Razak dan Abdullah Badawi.
 

Dia menjabat wakil perdana menteri untuk Najib sampai sang PM diberhentikan pada tahun 2015 karena terjerat skandal 1Malaysia Development Berhad.

Najib Razak diduga terilbat dalam dana korupsi lembaga investasi 1MDB (Malaysia Development Berhad) yang didirikan untuk mengembangkan ekonomi negara Asia Tenggara.

Muhyiddin Yassin juga membentuk Pantai Bersatu dengan Mahathir pada 2016. Berdasarkan beberapa sumber, disebutkan Muhdyiddin lahir pada 15 Mei 1947 atau tahun ini akan berusia 73 tahun, sementara Mahathir tahun ini berusia 95 tahun.
 

Sebelum dilantik pada 1 Maret mendatang sebagai PM Malaysia ke-8, Muhyiddn menjabat Menteri Dalam Negeri Malaysia sejak 21 Mei 2018.

Bahkan ada beberapa literatur menyebutkan ayah Muhyiddin berasal dari Siak, Provinsi Riau, Sumatra, dan ada campuran  kuturunan Bugis, salah satu suku di Sulawesi Selatan, Indonesia.

Ayahnya bernama Haji Muhammad Yassin bin Muhammad yang dikenal sebagai ulama di Muar, Johor Darul Ta'zim.


Sosok Muhyiddin Yassin sebelumnya juga didukung untuk menjadi PM Malaysia oleh Koalisi Barisan Nasional yang terdiri dari UMNO, Partai Persatuan Tionghoa Malaysia (MCA) dan Kongres India Malaysia (MIC), serta Partai Islam se-Malaysia (PAS).

Mahathir mengundurkan diri pada 24 Februari lalu.

 

 Ia mundur persis setelah Anwar Ibrahim mengatakan ada pengkhiatan dalam tubuh koalisinya dengan Mahathir.

Koalisi ini merupakan gabungan partai pendukung Mahathir dan Anwar yang terdiri dari Parti Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu), UMNO, Parti Islam Se-Malaysia (PAS), Gabungan Parti Sarawak (GPS), serta Parti Warisan Sabah (Warisan).

R1 Hee.