Sabtu, 28 November 2020

INTERNASIONAL

Inilah Kilat Terlama dan Terpanjang Sepanjang Sejarah

news24xx


Ilustrasi (foto: Istimewa/internet) Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Semua tentu mengetahui bahwa kehadiran kilat di dunia ini begitu singkat. Namun tahukah di Argentina peristiwa alam itu pernah berlangsung hingga 17 detik.

Kejadian ini dilaporkan oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dinukil dari kompas.com, Rabu, 1 Juli 2020.

Peristiwanya terjadi pada 4 Maret 2019 silam. Langsung saja kilatan itu mengalahkan rekor sebelumnya yang terjadi di Perancis Selatan pada 30 Agustus 2011 terjadi selama 7,74 detik.

Baca Juga: Sejarah Ular Tangga, Permainan Sederhana yang Ajarkan Anak Masuk Surga



www.jualbuy.com

Sementara untuk kilat terpanjang dalam sejarah terjadi di Brasil Selatan dengan panjang kilat 440 mil atau sekitar 708 kilometer atau setara dengan jarak dari Boston ke Washington, DC.

Baca Juga: Sejarah Lampu Sein, Komponen Penting Pengganti Lonceng Pada Kendaraan

Peristiwa ini terjadi pada 31 Oktober 2018 silam. Sementara rekor kilat terpanjang sebelumnya diukur pada 20 Juni 2007 terjadi di negara bagian Oklahoma, AS yang mencapai 321 kilometer.

Untuk diketahui bahwa kilat terjadi ketika dua daerah bermuatan listrik di atmosfer atau tanah sementara berada dalam posisi sama. Ketika awan badai terbentuk, mereka mengisi dengan muatan listrik. Partikel yang lebih ringan dan bermuatan positif terbentuk di bagian atas awan.

Sementara partikel yang lebih berat dan bermuatan negatif terbentuk di bagian bawah. Ketika kedua partikel ini menjadi besar, maka terjadilah kilat.





loading...
Loading...
DN06 | beacukai