Rabu, 12 Agustus 2020

INTERNASIONAL

Sejarah Hari Ini: Ekspedisi Pelayaran Perdana Laksamana Cheng Ho

news24xx


Ilustrasi (foto: Istimewa/internet) Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Debut perjalanan Laksamana Cheng Ho demi mengarungi Samudra Hindia dimulai tepat hari ini tahun 1405.

Dia menjelajah bersama 27 ribu bala tentara dan ribuan armada lain menumpangi kapal dagang, kapal perang, dan kapal penunjang untuk membentuk kapal lainnya dikutip dari kompas.com, Sabtu, 11 Juli 2020.

Perjalanan perdananya dimulai melewati muara Sungai Min menuju ke Champa Vietnam, kemudian dilanjutkan ke Nusantara yang meliputi Jawa, Malaka, Aru, dan Samudra Pasai.

Ketika berada di Nusantara, Cheng Ho mengunjungi Sriwijaya di Sumatera.

Baca Juga: Sejarah Kelam Lahirnya Negara Singapura

www.jualbuy.com

Selain itu, pasukan Cheng Ho juga mengunjungi Majapahit yang ketika itu terjadi perang saudara antara Wikramawardana dan Bhre Wirabumi.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: China Dilanda Banjir, 1.400 Orang Tewas

Daerah yang disinggahi armada Cheng Ho juga mendapatkan kemajuan dalam hal bercocok tanam, beternak, berdagang, seni ukir, dan seni lainnya.

Setelah meninggalkan Nusantara pada sesi pelayaran perdananya, Cheng Ho dan pasukannya kemudian mengarungi Samudra Hindia menuju Sri Langka, Selat Malaka dan kembali ke Tiongkok pada 1407.

Setelah perjalanan perdana ini dianggap berhasil, dia kemudian diperintahkan kembali melakukan ekspedisi pelayaran kedua dan ketiga menjangkau Jazirah Arab dan Afrika Timur.





loading...
Loading...