Alasan Toshiba Menyerah Setelah 35 Tahun Berkecimpung di Dunia Laptop

Alasan Toshiba Menyerah Setelah 35 Tahun Berkecimpung di Dunia Laptop

12 Agustus 2020
Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Setelah berkecimpung di dunia personal computer (PC) selama 35 tahun, belum lama ini perusahaan yang bermarkas di Jepang, Toshiba membuat dunia geger karena memilih angkat kaki dari bisnis laptop.

Keputusan itu sudah bulat dengan mengalihkan seluruh saham bisnis laptop mereka pada Sharp dinukil dari kumparan.com, Rabu, 12 Agustus 2020.

Tak jelas apa yang membuat Toshiba memilih hengkang. Namun yang pasti lantaran eksistensi laptop produksi mereka mulai memudar. Dikalahkan oleh Apple, Dell, Lenovo, Acer bahkan HP.

Berdiri pada 1939, nama Toshiba adalah penggabungan dua perusahaan, yakni Shibaura Seisakusho dan Tokyo Denki. Di mana To berasal dari Tokyo Denki dan Shiba dari Shibaura.

Pada 1984, nama Toshiba berganti menjadi Toshiba Corporation membuatnya menjadi semakin kuat melalui akuisisi perusahaan rekayasa alat berat serta perusahaan industri primer pada 1940 hingga 1950-an.

Setelah itu satu per satu mulai bermunculannya anak perusahaan mereka. Salah satunya adalah Toshiba Lightning & Technology pada 1989.

Termasuk mulai meluncurkan notebook, PC dan PC Server hingga yang paling fenomenal, laptop.

Terutama untuk seri T1100 yang dikeluarkan pada 1985. Komputer portable ini memicu perkembangan laptop pada zamannya.

Karena komputer tersebut sebagai yang pertama dilengkapi dengan fitur baterai isi ulang internal, layar LCD, dan floppy disk drive sebesar 3,5 inci. Sayang, kian lama eksistensi mereka memudar dan memilih angkat kaki dari bisnis ini.