Rencana Detail Tata Ruang Siak Hulu Kampar Mulai Dibahas

Rencana Detail Tata Ruang Siak Hulu Kampar Mulai Dibahas

27 Oktober 2021
Sekdakab Kampar, Yusri

Sekdakab Kampar, Yusri

RIAU1.COM - Dalam rangka mendukung implementasi Online Single Submission (OSS) pada tahun 2021,  Dirjen Agraria dan Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasional Direktorat Sinkronisasi  pemanfaatan ruang  akan melaksanakan bantuan teknis penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Kawasan Perkotaan Siak Hulu Kabupaten Kampar.

"Kami sangat mendukung terhadap master perencanaan kawasan kota terpadu. Untuk mencapai ini kita perlu masukan secara teknis, sehingga penetapan tata ruang dapat disesuaikan dengan Peruntukan baik fungsi maupun terhadap penataan kawasan yang sesuai dengan Peruntukan dan kebutuhan, seperti kawasan perumahan, ekonomi, pariwisata bahkan kawasan RTH dan bermain," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri pada  Focused Group Discussion (FGD) Pembahasan Ketentuan Pemanfaatan Ruang dan Peraturan Zonasi dalam Rangka Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Siak Hulu Kabupaten Kampar 

Sebut Sekda, di awal ini diusulan tiga kawasan, yakni, Siak Hulu, Bangkinang dan Tambang

"Alhamdulillah kita mendapat pendampingan dari Kementerian ATR/BPN RI dan ini sangat kita apresiasi,” ujar Yusri.

Sementara itu Indira Proboratri Warpani, Kepala Subdirektorat Sinkronisasi Pemanfaatan Ruang Wilayah I, Direktorat Sinkronisasi Pemanfaatan Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional menyatakan bahwa salah satu kawasan kota terpadu yang mendapat pendampingan dari Kementerian adalah Kawasan Terpadu Kota Siak Hulu. 

"Bahkan ini dapat dijadikan Sebagi pilot projek dalam pembenahan Kota masa depan," tutur Indra.

Pada kesempatan yang sama, Indra Sugito tim leader penyusunan OSS Kota Siak Hulu Kabupaten Kampar menyampaikan, model dan type terhadap pemenuhan kawasan kota terpadu yang dinilai dari demografi, Adat istiadat masyarakat, konstruksi infrastruktur maupun typologi kemasyarakatan.

"Yang jelas kawasan Siak Hulu merupakan kawasan yang berbatasan dengan kota Pekanbaru, serta berdekatan dengan lokasi penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II. Berdasarkan inilah kami menyusun rencana struktur mewujudkan kawasan kota Siak Hulu sebagai kawasan industri yang maju dan berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarkat yang berbudaya," tuturnya.*