Rabu, 06 Juli 2022

KAMPAR

Pemkab Kampar akan Beri Beasiswa Hafiz Alquran

news24xx


Pj Bupati Kampar kunjungi Ponpes Pj Bupati Kampar kunjungi Ponpes

RIAU1.COM - Bagi para santri dan santriwati yang saat ini telah hafal 30 Juz, Pemerintah akan memfasilitasi dan memberikan beasiswa bagi yang ingin melanjutkan kuliah ke Mesir.

Baca Juga: Tahun Ini Pemkab Kampar Kembali Gelar Festival Bagholek Godang

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol saat menghadiri Wisuda Tahfizh ke-II Sekolah Mengah Pertama (SMP) IT dan Madrasah Aliyah (MA) Pedantren Terpadu Insan Cendekia Anas Bin Malik Salo, Kamis (23/6/2022). 

Lebih lanjut Kamsol menyampaikan, bahwa bagi hafiz 30 juz yang mau kuliah ke Mesir Kairo akan difasilitasi dan dimasukkan dalam beasiswa negara, selain itu juga akan dijamin apabila ada keinginan untuk masuk Polri.

Kemudian bagi santri yang hanya hafidz 20, 10,  dan 1 juz, pemerintah juga telah menyiapkan kebijakan dimasa depan santri sesuai dengan aturan dan kebijakan yang berlaku. 

"Memang bagi santri yang sudah hafidz 2 jus telah memenuhi syarat untuk bisa kuliah di Mesir, namun ini belum menjamin dan butuh seleksi ribun santri se- Indonesia. Namun apabila telah bisa hafidz 7 juz ke atas, ini bisa direkomendasikan oleh daerah setempat," kata dia.

Pondok Pesantren sebut dia sebagai bagian integral sistim pendidikan nasional, dituntut untuk secara terus menerus mengembangkan kualitas perkembangan setiap kebutuhan umat dalam menciptakan santri dan santriwati yang paham akan Ilmu Keagamaan. 

Baca Juga: Mesin Pengolah Sampah akan Dimiliki Setiap Kelurahan di Kampar

"Peran Ponpes secara efektif pendidikan agama dan keagamaan yang harus dilakukan dalam rangka menyusun kerangka keimanan, kualitas pendidikan agama, ketaqwaan, kecerdasaan, keterampilan hidup, berkhlak baik, cerdas, serta mempunyai ilmu pengetahuan yang cukup," sebut dia.*





loading...
Loading...