Silaturahim Tiga PC PGRI Lima Puluh Kota Sumbar Silaturahim dengan PC XIII Koto Kampar

Silaturahim Tiga PC PGRI Lima Puluh Kota Sumbar Silaturahim dengan PC XIII Koto Kampar

25 Juli 2022
Pertandingan persahabatan saat silaturahim

Pertandingan persahabatan saat silaturahim

RIAU1.COM - Persahabatan guru-guru antar provinsi tersaji pada kegiatan silaturahmi antara tiga pengurus cabang (PC) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dari Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat dengan PC PGRI Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau, Sabtu-Ahad, 23-24 Juli 2022.

Tiga PC PGRI dari Kabupaten Lima Puluh Kota yang datang berkunjung ke Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar, Riau adalah PC PGRI Kecamatan Kapur IX, PC PGRI Pangkalan Koto Baru dan PC PGRI Lareh Sago Halaban.

Ikut serta dalam rombongan dari Lima Puluh Kota adalah Ketua PGRI Kabupaten Lima Puluh Kota Hj Indrawati, M.Pd yang juga menjabat Kadis Pendidikan Kabupaten Lima Puluh Kota. Selain itu hadir juga
para ketua PC PGRI dan Korwil Dinas Pendidikan dari Kecamatan Kapur IX, Pangkalan Koto Baru dan Lareh Sago Halaban.

Kedatangan rombongan disambut oleh Sekretaris PGRI Kabupaten Kampar Jhon Haril, M.Pd, Ketua PC PGRI Dr Dasril Amali Datuk Bijo, Korwil Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga XIII Koto Kampar Muhammad Yamin, Kepala SMPN 3 Ridwan Jesra, M.Pd dan ratusan guru dari berbagai sekolah.

Pada hari pertama Sabtu (23/7/2022) sore kegiatan dìawali dengan turnamen mini tiga cabang olahraga yaitu sepakbola (putra), bola voli (putra dan putri) dan bulu tangkis putra di Batubersurat.

Cabang sepakbola dimenangkan oleh tim tuan rumah PC PGRI XIII Koto Kampar. Cabang bola voli putra dan putri dimenangkan oleh PC PGRI Kapur IX.

Untuk cabang sepakbola, Tim Kecamatan XIII Koto Kampar yang dimotori Ravi Hasman dkk terlalu perkasa. Dari tiga laga dengan sistem setengah kompetisi, PGRI XIII Koto Kampar yang menjadi juara Riau baru-baru ini berhasil memenangkan seluruh pertandingan.

Adapun hasil pertandingan antara PGRI Kapur IX vs PGRI Pangkalan berakhir dengan skor 0-1, PGRI XIII Koto Kampar vs Kapur IX: 2-0, PGRI Lareh Sago Halaban vs PGRI XIII Koto Kampar: 0-4,
PGRI XIII Koto Kampar vs PGRI Pangkalan: 4-0 dan laha terakhir
PGRI Kapur IX vs PGRI Lareh Sago Halaban dengan skor 0-1.

Kemudian pada Sabtu (23/7/2022) malam dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan pagelaran seni yang digelar di halaman SMPN 3 XIII Koto Kampar. Seluruh peserta juga menginap di SMPN 3 XIII Koto Kampar.

Malam keakraban berlangsung meriah. Beberapa pertunjukan seni yang ditampilkan bergantian oleh utusan PGRI dari 4 kecamatan diantaranya tarian, baca puisi dan menyanyi. Sedangkan pada hari terakhir Ahad (24/7/2022) rangkaian kegiatan ditutup dengan senam pagi bersama.

Ketua PGRI Kabupaten Lima Puluh Kota,
Hj Indrawati dalam sambutannya pada malam keakraban di halaman SMPN 3 XIII Koto Kampar menyampaikan apresiasi atas sambutan dari PC PGRI XIII Koto Kampar. 

Ia berharap silaturahmi ini terus terjalin. Menurutnya, ada banyak kesamaan antara Provinsi Sumbar dengan Riau khususnya antara Lima Puluh Kota dengan Kabupaten Kampar. Kesamaan itu telah menyatukan PGRI Sumbar dengan Riau.

Ia menambahkan, PGRI punya kekuatan semboyan solidaritas 'yes'. Semboyan ini hendaknya jangan hanya menjadi simbol. Guru diharapkan semakin sejahtera, profesional dan tetap bermartabat.

Indrawati menambahkan, sejalan dengan penerapan kurikulum merdeka, guru dibutuhkan inovatif dan kreatif serta meningkatkan kemampuan dan inovasi.

Sementara itu, Sekretaris PGRI Kabupaten Kampar Jhon Haril menyampaikan, hubungan antara guru Riau dengan Sumbar telah terjalin sejak zaman dahulu, apalagi Kecamatan Kapur IX dengan Kampar yang masih satu aliran sungai. 

"Tinggal sekarang bagaimana bersama-sama kita memaknai bersama sehingga bisa dijadikan silaturahim yang baik," ujar Jhon Haril.

Ia menambahkan, meskipun wilayah Kabupaten Kampar telah dimekarkan menjadi tiga kabupaten, namun jumlah guru cukup besar yakni mencapai 9.000 orang guru. Diantaranya 5.326 orang berstatus PNS dan ditambah yang tidak aktif sekira 2.800 orang dan ditambah lagi guru dari Kementerian Agama.

Sementara Ketua PC PGRI XIII Koto Kampar Dr Dasril Amali Datuk Bijo disela-sela pertandingan sepakbola di Stadion Mini Danau Rusa, Batubersurat mengatakan, kegiatan kunjungan persahabatan ini adalah sejarah baru karena kegiatan seperti ini belum pernah dilakukan. 

"Ini pertama kali dilakukan gabungan empat PGRI. Tiga dari lima puluh kota dan kita di sini PGRI XIII Koto Kampar," tutur, Dasril.

Selaku ketua PC PGRI XIII Koto Kampar ia berterima kasih kepada seluruh guru dan pengurus PGRI dan Korwil XIII Koto Kampar atas semangat dan sumbangannya sehingga kegiatan-kegiatan PGRI XIII Koto Kampar bisa terlaksana termasuk dalam dukungannya ketika tim sepakbola PGRI XIII Koto Kampar sukses menjadi juara se-Riau beberapa waktu lalu.

Pria yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan XIII Koto Kampar ini juga berharap seluruh guru di Kecamatan XIII Koto Kampar sukses dalam menjalankan kurikulum merdeka belajar.***