Kamis, 29 September 2022

KAMPAR

TP2GD Pusat Datang ke Kampar, Proses Jadikan Mahmud Marzuki Sebagai Pahlawan Nasional

news24xx


Tim TP2GD kunjungi Kampar Tim TP2GD kunjungi Kampar

RIAU1.COM - Tim Penelitian dan Pengkajian Gelar Daerah (TP2GD) Pusat hadir ke Kabupaten Kampar melakukan kunjungan terkait pengusulan pahlawan Nasional atas nama Mahmud Marzuki, serta bersilaturahmi dengan Pj. Bupati Kampar, Sabtu (6/8).

Baca Juga: Kunker ke Kampar, Menteri PMK Akan Tanam Kelor

Pj. Bupati Kampar, Dr Kamsol mengucapkan selamat datang kepada Tim TP2GD Pusat di Kabupaten Kampar.

Dr Kamsol menjelaskan, bahwa Mahmud Marzuki merupakan pejuang asal Kampar, Riau. Ia adalah tokoh yang mengabarkan kemerdekaan ketika berkhotbah selepas shalat Ied pada 06 September 1945. Selain itu, Mahmud Marzuki juga menjadi pengibar Bendera Merah Putih pertama kali di Provinsi Riau. 

“Mahmud Marzuki sebagai salah satu Pahlawan Nasional dari Kabupaten Kampar, tentu ini harapan besar kami Pemkab Kampar maupun masyarakat yang telah lama memperjuangkan beliau sebagai pahlawan tapi belum ada titik ujungnnya," sebut dia.

Kemudian Pj Bupati Kampar berharap, ini bisa dapat diwujudkan, sebab menjadi kebanggaan bagi masyarakat Riau, khusunya Kabupaten Kampar.

Sementara itu, Ketua (TP2GD) Pusat Dr. Usep Abdul Matin dalam dialognya mengatakan bahwa tidak bisa putuskan langsung, karena harus ditelaah memenuhi syarat atau belum, atau sudah sesuai latar belakang sejarahnya, ini bisa ditelusuri dari TIM TP2GD. 

Baca Juga: Vaksinasi Massal untuk Warga Desa Terantang Kampar, Juga Dapat Sembako

“Setelah itu baru diteruskan ke Dewan Gelar, baru hasilnya disampaikan kepada Presiden yang memiliki wewenang penuh untuk memutuskan calon yang paling tepat untuk menjadi Pahlawan Nasional,"tutupnya.*





loading...
Loading...