Catin di Kampar Dapat Banyak Ilmu dari LK2S

Catin di Kampar Dapat Banyak Ilmu dari LK2S

22 Juni 2024
Peserta Sosialisasi LK2S Kampar

Peserta Sosialisasi LK2S Kampar

RIAU1.COM - Sosialisasi dan penyuluhan pencegahan stunting bagi calon pengantin (catin) Kecamatan Kampar dan Kampar Utara dibuka Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LK2S) Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali.

"Sosialisasi ini diselenggarakan langsung oleh LK2S Kabupaten Kampar dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada para catin agar memahami tentang persiapan kesehatan reproduktif sebelum hamil, selama hamil, melahirkan hingga menyusui dan mampu menerapkan pencegahan stunting dalam seribu hari pertama kehidupan (HPK)" kata Ricana Hambali.

Dia juga memaparkan, sosialisasi ini juga dilaksanakan sebagai salah satu cara untuk membekali catin dengan ilmu dan pengetahuan untuk mendorong dan meningkatkan kesadaran bagi catin dalam memahami tujuan membangun keluarga yang bahagia, dan tentunya tak lepas dari kebutuhan dan penuhan gizi yang baik.

“Calon pengantin yang akan membangun keluarga, harus mempersiapkan diri, baik mental dan spiritual, fisik maupun psikis karena akan menyatukan dua perbedaan menjadi satu kesatuan yang saling membutuhkan, dan terutama kedepannya untuk menyiapkan calon anak yang harus bebas dari stunting. Untuk itu perlu bagi catin untuk menambah wawasan tentang stunting dan pencegahannya," sebut Ricana Hambali.

Kemudian Ricana menambahkan, bahwa menikah itu adalah menjalin ikatan antara satu dengan yang lain, maka harus ada niatan yang baik karena nikah adalah ibadah. 

"Mempersiapkan keluarga sakinah dan sehat tentu tidaklah mudah, seorang suami istri dituntut saling bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan keluarganya baik sandang, pangan, papan dan kesehatan," tutur dia.*