IBI Diminta Ketua PKK Kampar Bantu Program Penurunan Stunting

IBI Diminta Ketua PKK Kampar Bantu Program Penurunan Stunting

27 Agustus 2023
Giat IBI Kampar

Giat IBI Kampar

RIAU1.COM - Pj Ketua TP. PKK Kabupaten Kampar drg. Yusi Prastiningsih Firdaus ikutisenam sehat bersama yang ditaja Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Kampar dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-78 dan HUT IBI Ke-72 Tahun 2023, Ahad (27/8).

Dalam sambutannya setelah mengikuti giat senam sehat, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kampar berikan apresiasi kepada IBI Kabupaten Kampar yang ditengah-tengaj kesibukan rutinitas melayani masyarakat, masih mampu melaksanakan kegiatan ini.

"Bidan merupakan ujung tombak bagi kesehatan ibu dan anak, terlebih saat ini Pemerinrah rengah menggalakan program penurunan stunting. Bidan memiliki peran serta fungsi sebagai pelaksana, pengelola, pendidik, dan peneliti kesehatan pada masyarakat. Dalam hal ini, bidan mempunyai pandangan nilai tersendiri dalam menjalankan tugasnya" demikian dikatakan Yusi.

Ditambahkan Yusi, tugas bidan meliputi empat aspek, yaitu hamil, bersalin, dan masa nifas adalah peristiwa alamiah dan fisiologis (normal). Selanjutnya, kelanjutan perawatan atau continuity of care juga perlu diberikan untuk menjamin kesehatan ibu dan bayi dengan baik.

"Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai petugas kesehatan, bidan mengemban tugas mulia untuk membantu masyarakat umum mendapatkan kesehatan yang baik dan layak, terutama bagi ibu dan anak," sebut dia.*