Ijtima Ulama dan Musda MUI Kampar Dimulai Hari Ini

Ijtima Ulama dan Musda MUI Kampar Dimulai Hari Ini

27 Desember 2022
Forkopimda Kampar hadiri pembukaan Musda MUI Kampar

Forkopimda Kampar hadiri pembukaan Musda MUI Kampar

RIAU1.COM - Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol membuka Ijtima' Ulama ke-IX dan Musyawarah Daerah (Musda) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kampar, di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar, Selasa (27/12/). 

Dihadapan para ulama dan Wakil Ketum MUI Pusat Dr. Anwar Abas, Dr. H. Kamsol, menyampaikan bahwa dia yakin dan komitmen, bahwa MUI dan seluruh ormas Islam yang ada di Kabupaten Kampar harus dilindungi oleh pemerintah daerah. 

"Ormas Islam adalah salah satu elemen sebagai penopang pembangunan Kabupaten Kampar, sekaligus sebagai penyejuk ditengah masyarakat," kata Dr Kamsol.

Sebab itu, dia mengajak semua ormas yang ada di kabupaten Kampar untuk bersatu padu, ibarat pepatah Kampar, Tali Bapilin Tigo, Tigo Tungku Sajoghangan, karena dalam falsafah tersebut salah satu unsurnya yakni Ulama.

"Peran ulama sangat dibutuhkan ditengah masyarakat. Ini tugas ulama dengan berkaloborasi masuk ke daerah pelosok kampar, dalam memberikan pemahaman tentang agama," ujarnya.

Kemudian melalui Musda MUI ini, Dr Kamsol juga berharap agar nantinya bisa memilih ketua, dan pengurus yang tepat tampa ada embel unsur politik. 

"Dengan pengurus yang baru, nantinya diharapkan juga bisa menghasilkan rekomendasi kepada pemerintah untuk mengambil kebijakan, atau keputusan dalam berbagai permasalahan yang terjadi di tegah masyarakat,"ucap Kamsol.

Hal senada juga disampaikan Ketua MUI Kampar Dr. Mawardi Muhammad Saleh, Lc, MA, bahwa sesuai dengan adat istiadat di kabupaten Kampar yakni Tali Bapilin Tiga.

"Seluruh elemen masyarakat yang menjadi panutan bagi masyarakat telah hadir, diantaranya Kepala Daerah Bupati Kampar, Tokoh Masyarakat serta yang ketiga adalah alim ulama yang melengkapi adat istiadat tersebut," sebut dia.*