Kamabicab Kampar Dipercayakan pad Pj Bupati Kamsol

Kamabicab Kampar Dipercayakan pad Pj Bupati Kamsol

19 November 2022
Saat pelantikan berlangsung

Saat pelantikan berlangsung

RIAU1.COM - Penjabat (PJ) Bupati Kampar resmi dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kampar masa bakti 2022-2027 oleh Kakwarda Riau H. Kasiaruddin.

Dalam sambutannya usai dilantik sebagai Mabica Kabupaten Kampar, Kamsol menyampaikan Pramuka dapat bersinergi dengan Pemerintah daerah dalam mendukung dan membantu program pemerintah seperti menekan kasus stunting di Kampar. Selain itu Pramuka dapat membantu program Pemerintah lainnya seperti program Ocu Mapan.

"Pada masa lampau, sebagian besar siswa-siswi mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas bahkan sampai ke Perguruan Tinggi, sangat berminat menjadi anggota pramuka aktif. Akan tetapi saat ini kita dapat melihat mulai terjadinya pergeseran, dimana generasi muda kita mulai meninggalkan Pramuka dan lebih tertarik terhadap kegiatan-kegiatan lain, bahkan tidak jarang melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat, seperti penyalahgunaan obat-obatan terlarang, menurunnya kepatuhan terhadap hukum, serta meningkatnya penggunaan kekerasan sebagai cara menyelesaikan permasalahan," kata Dr Kamsol.

Lanjut dia, tantangan dalam gerakan Pramuka ke depan, cukup berat dan beragam. Salah satunya adalah bagaimana menjadikan Gerakan Pramuka menjadi kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang diminati dan digemari pelajar, sehingga mereka secara sukarela dan antusias untuk menjadi anggota pramuka aktif disekolahnya.

"Sebagai Mabica, saya akan berusaha membimbing, mendukung, dan memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan, membantu ketersediaan tenaga, dana, dan fasilitas yang diperlukan untuk pendidikan," sebut dia.*