Kampar Percepat ISPO Bagi Koperasi dan Kelompok Tani Sawit

Kampar Percepat ISPO Bagi Koperasi dan Kelompok Tani Sawit

10 Oktober 2023
Sosialisasi Percepatan ISPO di Kampar

Sosialisasi Percepatan ISPO di Kampar

RIAU1.COM - Sosialisasi upaya percepatan Sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) bagi pengurus Koperasi atau Kelompok Tani Sawit yang ada di Kampar dibuka  Pj Sekda Kampar, Ramlah.

Pj Sekda Kampar Ramlah, mengatakan bahwa Kabupaten Kampar merupakan salah satu  daerah yang memiliki Lahan Perkebunan Sawit terluas di Provinsi Riau, Karena itu, perlu perhatian khusus agar dapat menjadi penopang perekonomian  masyarakat.

“Kabupaten Kampar memiliki lahan perkebunan kelapa sawit seluas 574. 728  hektare dengan jumlah Perkebunan Rakyat seluar 387.509 Hektar. Tentunya potensi ini harus kita dukung dan kita optimalkan dengan baik," kata dia.

Sambung dia, perkebunan Kelapa sawit sering dihadapkan pada banyak persoalan dan kendala, seperti, terkait soal harga yang tidak stabil, konflik kepemilikan lahan,  masalah lingkungan hidup dan lainnya.

“Pemerintah Kabupaten Kampar komitmen terus mendorong percepatan  Sertifikasi ISPO, karena ISPO ini mengadopsi prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan sesuai amanah undang-undang yakni  dengan tiga sasaran, yaitu ekonomi, sosial dan ekologi," papar dia.

Sekda juga tegas mengatakan, Pemkab Kampar komitmen untuk  terus mendorong peningkatan produktivitas dan kualitas perkebunan kelapa  sawit di Kabupaten Kampar.

"Tujuan sertifikasi antara lain memastikan dan meningkatkan pengelolaan serta pengembangan perkebunan kelapa sawit sesuai prinsip dan kriteria ISPO, yaitu, meningkatkan daya saing hasil perkebunan kelapa sawit di pasar nasional maupun internasional, serta meningkatkan upaya percepatan penurunan emisi gas rumah kaca," papar dia.*