Desa Koto Masjid Kampar Gelar Festival Kampung Patin 2023

Desa Koto Masjid Kampar Gelar Festival Kampung Patin 2023

25 November 2023
Pembukaan Festival Kampung Patin 2023

Pembukaan Festival Kampung Patin 2023

RIAU1.COM - Pemerintah Desa Koto Mesjid menggelar Festival Kampung Patin, Sabtu (25/11/2023) sempena hari ulang tahun Desa Koto Mesjid ke-24, sekaligus dalam Mengonang Kampuong Lamo 30 tahun yang lalu.

Puncak hari jadi Desa yang dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Koto mesjid tersebut, dihadiri langsung Plt Gubernur Riau Edi Natar dan Pj Bupati Kampar Firdaus yang diwakili Sekda Kampar Hambali.

Sekda Kampar Hambali menyampaikan bahwa Desa Koto Mesjdi termasuk desa istimewa, sebab setiap hari bisa menghasilkan ikan patin basah dari budidaya masyarakat 15 hingga 20 ton.

"Selain ikan basah, olahan yang sangat luar biasa dihasilkan para kaum ibu-ibu. Hasil produksi yang terkenal ikan salai patin, abon patin, keripik, bakso ikan dan lainnya.  Untuk itu, ini harus kita dukung karena mereka semua sudah berbuat untuk kemajuan desa khususnya dibidang kuliner olahan dari ikan," papar Sekda.

Sementara itu Plt Gubernur Riau, Edi Natar mengajak untuk selalu mensyiarkan kebiasan di masjid.

Dan terkait potensi yang ada di Desa Koto Mesjid, dia menilai luar biasa, pasalnya, dengan modal sendiri hampir seluruh rumah masyarakat memiliki kolam ikan, sesuai dengan julukan kampung patin.

"Namun, keluhan masyaraka terkait tingginya harga pakan ikan menjadi persoalan mendasar yang berpengaruh bagaiman mengembangkan produk ikan ini kedepan," ujar Edy.

Oleh sebab itu, Edi Natar mengajak duduk bersama Dinas Perikanan Kampar, Pemerintahan Desa, dan tokoh pelaku usaha. 

"Mari kita cari solusi terbaik, dari Pemprov sendiri siap membantu sesuai prosedur," tutur dia.

Selanjutnya Kepala Desa Koto Mesjid Arjunalis Dt Rajo Mangkulu menyampaikan, bahwa Festival Kampung Patin sempena HUT Koto Mesjid ke-24 mengangkat tema Kampung Patin Maimbau. 

"Artinya, ini sesuai juga dengan moto Desa Koto Mesjid, Tiada Rumah Tanpa Kolam. Maksudnya kehidupan masyarakat koto mesjid didominasi dengan memiliki kolam ikan patin, makanya juga digelar setiap tahun kegiatan Nangkok Patin sejak tahun 1999," papar kades.*