Menjaga Budaya Ikan Antau Larangan di Desa Siberuang Kampar

Menjaga Budaya Ikan Antau Larangan di Desa Siberuang Kampar

17 September 2023
Budaya Ikan Antau Larangan di Desa Siberuang

Budaya Ikan Antau Larangan di Desa Siberuang

RIAU1.COM - Asisten I Setdakab Kampar, Ahmad Yuzar membuka kegiatan Ikan Antau Larangan di Aliran Sungai Kampar, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Desa Siberuang akhir pekan ini.

Kegiatan tersebut merupakantradisi masyarakat Desa Siberuang yang mengangkat tema Kearifan Lokal Tajago (terjaga), Tompek Ibadah Tabantu (tempat Ibadah terbantu).

"Alhamdulillah kita sudah menyaksikan pelepasan Ikan Larangan di kecamatan Koto Kampar Hulu Desa Siberuang, yang mana ikan larangan ini menjadi tradisi dan Budaya Desa Siberuang," kata Ahmad Yuzar.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Kampar sangat mengapresiasi pembukaan Ikan Larangan, yang mana masyarakat berbondong-bondong untuk menjalo (menjala) serta menanguk ikan tersebut. Semoga ini bermanfaat untuk masyarakat," kata dia.

Ia juga menyampaikan, Pemeritah Kabupaten Kampar juga mendukung kegiatan ini, dengan kegiatan ini semoga bisa menambah pendapatan bagi desa. 

“Pemerintah juga siap membantu, apa lagi ini sudah menjadi tradisi Budaya Desa Siberuang terutama dalam menyediakan bibit nantinya," tutur dia.*