Pemkab Kampar Ingin Maksimalkan PAD dari Kandungan Mineral dan Batuan

Pemkab Kampar Ingin Maksimalkan PAD dari Kandungan Mineral dan Batuan

13 Mei 2024
Rakor percepatan pemungutan pajak MBLB di Kampar

Rakor percepatan pemungutan pajak MBLB di Kampar

RIAU1.COM - Pj Sekda Kampar, Ahmad Yuzar membuka rapat koordinasi percepatan proses pemungutan pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) Senin (13/5/2024).

Ahmad Yuzar menyebutkan, Kabupaten Kampar sebagai wilayah yang diberikan potensi dan kandungan mineral dan bantuan terbesar di Provinsi Riau, tentunya sangat mengharapkan kontribusi maksimal penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pajak mineral bukan logam dan batuan dari pembangunan Proyek Strategis Nasional jalan tol yang melewati Kabupaten Kampar.

“Keberadaan jalan tol di Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Kampar mampu meningkatkan produktivitas masyarakat, menumbuhkan sentra sentra ekonomi baru, membuka lapangan kerja serta menumbuhkan daya saing produk-produk Kabupaten Kampar," kata dia.

Pj Sekda Kampar juga menyebutkan, telah dierbitkan beberapa perusahaan yang mengantongi Surat Izin Penambangan Batuan (SIPB) di Kabupaten Kampar.

“Saya menghimbau kepada pelaksanaan jalan tol kiranya dapat memberikan kesempatan dan atensi kepada perusahaan yang telah mengantongi perizinan tersebut, dan dapat mengoptimalkan penerimaan pendapatan asli daerah sektor pajak mineral bukan logam dan batuan,"ujarnya.

Pj Sekda juga mengajak kepada pelaku usaha yang telah mendapatkan legalitas atas usaha pertambangan, untuk segera mendaftarkan diri sebagai wajib pajak MBLB di Kabupaten Kampar.

“Dengan membayar pajak daerah, berarti anda telah berpartisipasi dalam membangun Kabupaten Kampar yang kita cintai ini,"sebut dia.*