Pemprov Riau Apresiasi Masyarakat Kampar Pertahankan Tradisi Balimau Kasai

Pemprov Riau Apresiasi Masyarakat Kampar Pertahankan Tradisi Balimau Kasai

11 Maret 2024
Rangkaian acara Balimau Kasai di Kabupaten Kampar

Rangkaian acara Balimau Kasai di Kabupaten Kampar

RIAU1.COM - Event Balimau Kasai yang dilaksankan di Dermaga Desa Batu Belah Kabupaten Kampat tahun ini di hadiri Asisten I Setda Provinsi Riau Drs Zulkifli Syukur, dan Pj Sekda Kampar Drs Yusri, Senin (11/3).

Pada kesempatan tersebut, Pj Sekda Yusri menyampaikan Marhaban ya Ramdadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan 1445 H/2024 M.

“Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh, dan menjalankan ibadah sunat lainnya. Karena pahala amal ibadah di bulan Ramadhan berlipat ganda dibandingkan bulan lainnya," kata Yusri.

Dia mengapresiasi panitia pelaksanaan Balimau Kasai, khususnya di Batu Belah, yang sebelumnya telah melaksanakan berbagai agenda perlombaan dan sampan hias.

Sementara itu, Asisten I Setdaprov Riau Drs Zulkifli Syukur, juga mengapresiasi seluruh masyarakat Kampar, khususnya masyarakat Batu Belah yang telah melaksanakan event balimau kasai ini.

Zulkifli mengajak kepada masyarakat Kampar untuk terus membudayakan dan meningkatkan tradisi Balimau Kasai tersebut. 

“Ini adalah tradisi untuk mensucikan diri menjelang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan,"ujar Zulkifli.

Diakhir kegiatan Pj Sekda Kampar bersama Asisiten  I Sekdaporv Riau dan rombongan lainnya melakukan penyiraman Limau Kasai secara simbolis ditepi sungai Kampar.

Usai pelaksanan di Batu Belah, Sekda Kampar bersama Asisiten  I Sekdaporv Riau dan rombongan menyusuri sungai Kampar dengan menggunakan perahu karet dan menghadiri kegiatan Balimau Kasai yang dilaksanakan masyarakat Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara tepatnya di Pulau Kosiok.*