Penanganan Stunting Jadi Fokus Program LK2S Kampar Tahun Ini

Penanganan Stunting Jadi Fokus Program LK2S Kampar Tahun Ini

5 Januari 2024
Ketua LK2S Kampar, Ricana Djayanti Hambali

Ketua LK2S Kampar, Ricana Djayanti Hambali

RIAU1.COM - Lembaga Kegiatan Kesejahteraan Sosial (LK2S) Kabupaten Kampar menggelar rapat evaluasi kerja tahun lalu dan program tahun 2024, Kamis (4/1).

Ketua LK2S Kampar, Ricana Djayanti Hambali meminta masing-masing bidang melaporkan semua kondisi kegiatan yang ada pada setiap bidang. 

"LK2S adalah lembaga yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, yang segala kegiatannya sudah pasti bersentuhan dengan masyarakat, kondisi masyarakat dan lembaga masyarakat khususnya di Kabupaten Kampar," kata dia.

Ricana mengatakan, sebelum melakukan kegiatan, harus terlebih dahulu lakukan pendataan dengan menbuat data base kegiatan dan dia meminta untuk tahun 2024 berfokus dalam hal penanggulangan stunting.

"Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah lakukan pendataan terhadap masyarakat atau lembaga yang akan menerima manfaat dari kegiatan, salah satunya wajib menggunakan data base terutama perihal keluarga penderita stunting," ujar Ricana.

Ricana juga menginginkan Stunting yang telah menjadi isu nasional menjadi perhatian dalam pembuatan dan penerapan kegiatan oleh LK2S Kabupaten Kampar, disamping memperhatikan masyarakat yang menderita disabilitas dan kemiskinan ekstrem.

Bantuan yang diberikan, sambung dia, tidak hanya materi atau sembako saja, tetapi haruslah berupa hal yang dapat digunakan atau bermanfaat untuk jangka panjang, seperti memberikan pelatihan-pelatihan yang setelahnya dapat mereka implemantasikan dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan. 

"Dan terhadapsStunting kita juga harus mampu berperan sebagai Bapak dan Ibu Asuh bagi anak penderita stunting di Kabupaten Kampar,"sebut dia.*