Pengusaha Sawit di Kampar Diminta Bantu Masyarakat Miskin Ekstrem

Pengusaha Sawit di Kampar Diminta Bantu Masyarakat Miskin Ekstrem

28 Maret 2023
Gubri Syamsuar saat safari ramadhan di Kampar

Gubri Syamsuar saat safari ramadhan di Kampar

RIAU1.COM - Safari ramadhan Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar melaksanakan salat tarawih bersama Jamaah Masjid Almaarif, Desa Sibuang, Kabupaten Kampar, Riau, pada Senin (27/3). 

Usai melaksanakan sholat tarawih, Gubernur Riau, Syamsuar, mengajak masyarakat Kampar untuk bergerak secara masif mengumpulkan Zakat mulai dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten. 

Syamaur juga  mengajak orang-orang mampu dan pengusaha yang ada di Kabupaten Kampar, untuk mengentaskan kemiskinan, terutama kemiskinan ekstrem yang ada di Kampar.

“Di Kampar ini banyak perusahaan, pengusaha sawit dan orang kaya, bisa membantu masyarakat miskin ekstrem. Ada hak orang miskin dari orang yang mampu dangan membantu, dengan membayar zakat. Zakat ini berikan kepada kaum dhuafa, fakir miskin dan anak yatim, mereka juga ingin melaksanakan puasa dan merayakan Idul Fitri,” ujar Syamsuar, kepada jamaah Masjid. 

Gubri menyampaikan, kemiskinan ekstrem di Kabupaten Kampar termasuk yang tertinggi di Provinsi Riau. Tercatat ada sebanyak 14.550 orang miskin. Jumlah ini tidak sebanding dengan jumlah penduduk di Kampar. Untuk itu Pemprov Riau bersama Baznas, menyerahkan zakat dari zakat PNS yang terkumpul. 

“Bersama Basnaz, kami menyediakan bantuan untuk 1.000 orang fakir miskin ekstrem atau fakir, kategori ini sudah disediakan sebanyak Rp6 Miliar. Satu paket itu Rp500 ribu dan diberikan kepada yang berhak menerima.*