Plh Sekda Yusri Ingatkan Masyarakat di Aliran Sungai Kampar Waspada

Plh Sekda Yusri Ingatkan Masyarakat di Aliran Sungai Kampar Waspada

28 Desember 2023
Plh Sekda Kampar tinjau PLTA Koto Panjang

Plh Sekda Kampar tinjau PLTA Koto Panjang

RIAU1.COM - Tingginya curah hujan, serta semakin tingginya air sungai Kampar, membuat Plh Sekda Kampar Drs. Yusri, melakukan  koordinasi dan monitoring ke pintu buka air PLTA Koto Panjang, Kamis (28/12).

Plh Sekda Kampar, Drs. Yusri, mengatakan kedatangannya untuk memantau debit air, dan kemungkinan kenaikan air yang berdampak pada pemukiman masyarakat Kampar yang berada di daerah aliran sungai (DAS). 

“Saya minta pihak PLTA dapat menginformasikan kepada Pemerintah Kabupaten, Camat dan Kepala Desa, agar informasi tersebut segera dapat diterima oleh masyarakat, supaya tidak menimbulkan kepanikan masyarakat, juga bagi pelaku usaha keramba di aliran sungai Kampar," sebut dia.

Dia juga menghimbau masyarakat yang tinggal disepanjang daerah aliran sungai Kampar untuk tetap berhati-hati, serta sebaiknya tidak beraktivitas di kawasan sungai.

"Pemerintah akan selalu berupaya untuk mengantisipasi bencana ini, sehingga masyarakat untuk tetap tenang dan selalu berhati-hati," ujar dia.

Semnetara itu managemen PLTA Koto Panjang Cecep Sofhan Munawir menyebutkan, senantiasa menginformasikan ketika pembukaan pintu air PLTA.

"Pihak PLTA Koto Panjang selalu mengirim surat pemberitahuan melalui Bupati Kampar apabila pintu perlimpahan dibuka,"tutur dia.*