Produsen Pupuk Batubara Minta Pj Bupati Kampar Terbitkan Izin Usaha Industri

Produsen Pupuk Batubara Minta Pj Bupati Kampar Terbitkan Izin Usaha Industri

28 September 2023
Pertemuan Pj Bupati Kampar, Firdaus dengan manajemen PT BTFA

Pertemuan Pj Bupati Kampar, Firdaus dengan manajemen PT BTFA

RIAU1.COM - Direktur Operasional PT. Bursa Tani Futura Andita (BTFA) yang bergerak pada produksi pupuk Batubara, Amrin bersama jajarannya pertengahan pekan ini menemui Pj Bupati Kampar, Firdaus.

Audiensi ini bertujuan untuk percepatan terbitnya Izin Usaha Industri oleh Pemerintah Kabupaten Kampar agar beroperasinya Pabrik Pupuk Batubara yang berlokasi di Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang.

Menanggapi hal tersebut, Pj. Bupati Kampar menanggapi, bahwa perizinan seyogjanya memang harus digesa sebelum pabrik beroperasi dan bukan sebaliknya.

"Koordinasikan perihal perizinan tersebut dengan dinas terkait yaitu Dinas PMPTSP Kabupaten Kampar, tuntaskan sebelum dilakukan launching pada tanggal dan hari yang telah ditetapkan," demikian ditekankan Firdaus.

Lalu Firdaus juga menekankan agar jika pabrik ini berdiri dan telah beroperasi, hendaknya libatkan sumber daya manusia di sekitar lokasi pabrik berdiri.

Direktur Operasional PT BTFA, Amrin juga menjelaskan tentang keberadaan dan hasil produksinya. 

Dikatakannya bahwa pabrik yang dibangun adalah produsen pupuk yang berasal dari Batubara. Diterangkannya, batu bara menurut jurnal internasional memiliki kandungan mineral sebanyak 73% yang telah diaktivasi dan dinilai sangat bagus dan bermanfaat untuk perbaikan lahan pertanian dan produktivitas pertanian.

"Bahwa pupuk batubara memiliki kandungan unsur hara lengkap, karbon dan asam humat yang berfungsi meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen," sebut dia meyakinkan.*