Satgas Saber Pungli Kampar Bergerak ke Sekolah

Satgas Saber Pungli Kampar Bergerak ke Sekolah

31 Mei 2023
Pembahasan sosialisasi Satgas Saber Pungli Kampar

Pembahasan sosialisasi Satgas Saber Pungli Kampar

RIAU1.COM - Sosialisasi akan dilakukan Satuan Tugas Saber Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kabupaten Kampar, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023.

Giat ini diarahkan langsung Ketua Satgas Saber Pungli Kompol Andi Cakra Putra, SIK, MH yang diwakili Sekretaris I Febrinaldi Tridarmawan, Rabu (31/5/2023).

Dalam sambutannya, Febri menjelaskan bahwa sesuai dengan Permendikbud No 1 tahun 2021 tentang PPDB, bahwa sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat yang telah menerima bantuan operasional sekolah dilarang memungut biaya.

"Dengan demikian, makanya Tim satga saber pungli melakukan rapat bersama dalam rangka penempatan wilayah atau titik pelaksanaan sosialisasi dalam upaya PPDB anti Pungli, dan pencegahan praktik pungutan liar pada PPDB tahun 2023 di kabupaten Kampar," kata dia.

Dalam sosialisasi nantinya, rencana tim atau sosialisasi ini akan dilaksanakan di tiga tempat. Dimulai pada minggu pertama tanggal 6, 8 dan 13 Juni 2023, sosialisasi pertama akan dilaksanakan wilayah I yang tergabung Kecamatan Tapung, Tapung Hulu, Bangkinang Kota, Bangkinang dan Kecamatan Salo dan dipusatkan di Aula Kantor Camat Tapung dengan jumlah 271 peserta.

Selanjutnya wikayah II mencakup Kecamatan Kuok,  XIII Koto Kampar, Koto Kampar Hulu, Kampar, Kampar Utara, Rumbio Jaya, dan Kecamatan Kampa, dan  dipusatkan di Aula Kantor Camat Kampar dengan jumlah 187 orang peserta.

Serta wilayah III tergabung Kecamatan Siak Hulu, Tambang, Perhentian Raja, Kampar Kiri, Kampar Kiri Hulu, Gunung Sahilan, Kampar Kiri Tengah, serta Kecamatan Kampar Kiri Hilir, dan dipustakan di Kecamatan Kampar Kiri dengan jumlah 295 orang peserta.

"Satgas Saber Pungli UPP kampar akan berusaha memberikan edukasi pencegahan praktik pungutan liar di lingkungan satuan pendidikan di kabupaten kampar,” jelas Febri.*