Sekda Hambali Dorong Gali Sejarah Pejuang-pejuang Kampar Masa Lalu

Sekda Hambali Dorong Gali Sejarah Pejuang-pejuang Kampar Masa Lalu

30 November 2023
Sekda Hambali saat ekspose penelusuran sejarah Kampar

Sekda Hambali saat ekspose penelusuran sejarah Kampar

RIAU1.COM - Ekspos Penelusuran Sejarah Kampar tentang Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) dan Komisi Tiga Negara (KTN) Kamis 30/11/2023 dibuka Pj Bupati Kampar H. Muhammad Firdaus.

Dalam sambutannya, Sekda Kampar Hambali, menyampaikan dengan semangat literasi, ia mengapresiasi para penulis hingga buku tentang PDRI dan KTN ini terbit. 

"Kampar tidak kekurangan orang-orang hebat, sebagai contoh didalam buku ini yang mengisahkan tentang perjuangan masyarakat kabupaten dalam mempertahankan kemerdekaan untuk menghadapi Agresi militer Belanda, bagaimana gagahnya masyarakat Kampar berjuang dengan pasukan Harimau Kampar, Hantu kubu, pasukan Hizbullah, dan Sabillil Muslimat berkorban darah keringat dan airmata demi Indonesia," ujar Hambali. 

Kampar, sebut dia, memiliki peran tersendiri dalam mempertahankan kemerdekaan, termasuk diadakannya Perundingan Komisi Tiga Negara (KTN) untuk penyelesaian konflik genjatan senjata antara Belanda dan Indonesia.

"Lokasinya berada di Sekolah Rakyat Pulai Balai Kuok (SR) yang terdiri dari tiga negara yakni Amerika Serikat, Australia, dan Belgia sebagai utusan PBB," tambahnya. 

Selain itu, Sekda menyampaikan masih banyak sejarah kabupaten Kampar ini yang belum bisa kita ekspose, tentu ini menjadi PR bersama untuk menggali lebih dalam sejarah yang pernah terjadi di Kampar.

Terakhir ia mengharapkan kedepan eksplorasi terhadap sejarah Kampar dapat lebih di tingkatkan hingga Kampar nanti dapat di kenal dunia Internasional.*