Tekan Jumlah Penderita Stunting, Pemkab Kampar Salurkan Paket Nutrisi

Tekan Jumlah Penderita Stunting, Pemkab Kampar Salurkan Paket Nutrisi

24 Januari 2024
Penyerahan paket nutrisi untuk anak penderita stunting di Kampar Utara

Penyerahan paket nutrisi untuk anak penderita stunting di Kampar Utara

RIAU1.COM - Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LK2S) Kabupaten Kampar, yang diketuai Pj Ketua TP. PKK Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali menyerahkan bantuan sosial (Bansos) Peningkatan Gizi Anak Stunting dalam Program Pemberdayaan dan Pelayanan Kesejahteraan Sosial pada Kegiatan Pelayanan dan Penanganan Terhadap Anak Stunting, di Kecamatan Kampar Utara, Selasa (23/1/2024).

"Terkait PMT (Pemberian makanan tambahan, red) sudah diatur dalam Permenkes RI nomor 51 tahun 2016 tentang Standar Produk Suplementasi Gizi. Dalam Permenkes itu telah diatur standar Makanan Tambahan untuk Anak balita, anak usia sekolah dasar, dan ibu hamil. Pemberian makanan tambahan yang berfokus baik pada zat gizi makro maupun zat gizi mikro bagi balita dan ibu hamil sangat diperlukan dalam rangka pencegahan bayi berat lahir rendah dan balita stunting,"ujarnya.

Selain itu, Ricana menjelaskan pemenuhan gizi anak sejak dini bahkan sejak dalam kandungan atau disebut 1000 hari pertama kehidupan (HPK) perlu diperhatikan. 

"1000 HPK dimulai sejak dari fase kehamilan 270 hari, hingga anak berusia 2 tahun 730 hari). Kebutuhan gizi akan meningkat pada fase kehamilan, khususnya energi, protein, serta beberapa vitamin dan mineral sehingga ibu harus memperhatikan kualitas dan kuantitas makanan yang dikonsumsinya," sebut dia. 

Oleh karena itu, sambung dia lagi, pemenuhan gizi pada anak di 1000 HPK menjadi sangat penting, sebab jika tidak dipenuhi asupan nutrisinya, maka dampaknya pada perkembangan anak akan bersifat permanen. Perubahan permanen inilah yang menimbulkan masalah jangka panjang seperti stunting.

"Dampak stunting bukanlah pada saat sekarang saja tetapi lebih kepada kemasa depan yang mana pasti sangat mempengaruhi tumbuh kembang, produktivitas dan intelegensia generasi penerus bangsa. Untuk itu mari bersama-sama atasi stunting dengan menjaga pola hidup sehat dan pola perilaku yang sesuai kesehatan,"papar dia.

Penyerahan bansos paket nutrisi kepada perwakilan masyarakat yang anaknya menderita stunting berupa susu formula khusus anak stunting, vitamin, telor, beras dan suplemen kesehatan dalam bentuk sirup.*