Wujudkan Tata Kelola Pemerintah yang Bersih, Pemkab Kampar Taja Bimtek SPIP

Wujudkan Tata Kelola Pemerintah yang Bersih, Pemkab Kampar Taja Bimtek SPIP

6 Mei 2024
Asisten III bidang Adminisnistrasi Umum Setda Kampar Ir. Azwan

Asisten III bidang Adminisnistrasi Umum Setda Kampar Ir. Azwan

RIAU1.COM - Inspektorat Kabupaten Kampar menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Manajemen Resiko di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar.

Kegiatan Bimtek SPIP ini dibuka Asisten III bidang Adminisnistrasi Umum Setda Kampar Ir. Azwan, Senin (6/5).

Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, dimulai pada 6 Mei sampai 8 Mei 2024 dengan mengundang narasumber dari perwakilan BPKP Provinsi Riau. Bimtek ini diikuti oleh seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar.

Ir. Azwan, menyampaikan bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. SPIP adalah Sistem Pengendalian Intern yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Dijelaskan Azwan bahwa SPIP terdiri dari lima unsur yang diterapkan menyatu dan menjadi bagian intagral dari kegiatan instansi pemerintah diantaranya lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi dan pemantauan pengendalian intern.

"Sebagai salah satu dari lima unsur pengendalian intern, pengelolaan resiko menjadi unsur yang dapat menggambarkan tingkat kematangan SPIP, ketepatan dalam mengidentifikasi dan menganalisi resiko akan mempengaruhi keandalan penyelenggaraan pengendalian intern Pemerintah Kabupaten Kampar," papar dia.

Penilaian resiko, sambung dia, sebagai salah satu unsur SPIP merupakan kegiatan penilaian atas kemungkinan kejadian yang mengancam pencapaian tujuan dan sasaran instansi pemerintah baik dari luar maupun dari dalam.

Selanjutnya Azwan mengajak seluruh peserta untuk bersama sama berupaya menjadi agen perubahan yang progresif dan berintegritas dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab kita sebagai aparatur pemerintahan.

"Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal yang membawa manfaat yang besar bagi kemajuan Kabupaten Kampar ke depannya," tuturnya.*