Yusi Prastiningsih Firdaus: Komunikasi Orang Tua dan Guru PAUD Itu Penting

Yusi Prastiningsih Firdaus: Komunikasi Orang Tua dan Guru PAUD Itu Penting

20 Agustus 2023
Giat Bunda PAUD Kampar

Giat Bunda PAUD Kampar

RIAU1.COM - Universitas Pahlawan (UP) Tuanku Tambusai Bangkinang bersama Bunda PAUD Kabupaten Kampar drg. Yusi Prastiningsih Firdaus menggelar seminar Literasi Digital dan Parenting dalam rangka transisi PAUD ke SD di akhir pekan ini.

Bunda PAUD Kabupaten Kampar mengatakan bahwa sangat penting menciptakan komunikasi yang aktif antara orang tua dan guru di PAUD perihal perkembangan anak, sehingga pola asuh di rumah dan pola pendidikan di sekolah menjadi lebih selaras.

"Berikan nasehat dan bimbingan dalam pola asuh yang mengayomi baik dari orang tua maupun pendidik, sehingga anak merasaka merasakan kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari terutama sekolah, anak-anak harus merasakan bahwa bersekolah itu adalah hal yang menyenangkan terutama pada transisi PAUD ke SD," papar dia.

Ditambahkan Yusi, terlebih di zaman serba digital, peran orang tua sangatlah penting. Kebijaksanaan orang tua sangat dituntut dalam ini menyikapi perkembangan zaman era digital yang sudah merambah dunia anak-anak. 

"Dan Parenting merupakan suatu program yang mengajarkan bagaimana pola asuh yang benar kepada anak-anak ditengah gempuran digitalisasi. Untuk itu sangat perlu bagi orang tua memiliki banyak literasi dalam menyikapi hal tersebut," sebut dia.

Pada kegiatan Sosialisasi ini, selain melakukan pemaparan materi oleh para narasumber, panitia pelaksana juga mengadakan berbagai perlombaan bagi orang tua dan anak. 

Perlombaan ini merupakan salah satu pembinaan komunikasi dan kekompakan antara orang tua dan anak. Diantaranya lomba parenting melipat kertas origami menjadi suatu bentuk, lomba lempar bola, dan lomba penjepitan angka (merupakan salah satu metoda pengenalan calistung) yang nantinya bagi para pemenang akan diberikan hadiah hiburan dan mengedukasi.*