12,90 Persen Anggaran Pilkada Batam Habis untuk Bimtek dan Rapat

12,90 Persen Anggaran Pilkada Batam Habis untuk Bimtek dan Rapat

17 Maret 2024
Kantor KPU Batam

Kantor KPU Batam

RIAU1.COM - Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dijadwalkan berlangsung November 2024 mendatang telah dimulai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam.

Penyelenggaraan Pilkada di Batam ini, KPU menganggarkan sebesar Rp 39,1 miliar.

Berdasarkan keterangan Ketua KPU Kota Batam, Mawardi, beberapa tahapan Pilkada sudah dimulai, salah satunya mengenai penganggaran. April mendatang, masuk ke tahapan penyerahan daftar penduduk potensial.

”Pendaftaran calon dimulai Agustus mendatang. Kalau tidak ada perubahan jadwal, pemilihan dilakukan November,” kata Mawardi akhir pekan ini yang dimuat Batampos.

Lalu Mawardi menjelaskan, anggaran didapatkan KPU dari Pemko Batam. Sedangkan, transfer anggaran dari Pemko Batam dilakukan bertahap. Hingga saat ini, dana pilkada yang sudah masuk ke rekening KPU Batam, sebesar Rp15,6 miliar.

”Untuk tahap pertama yakni 40 persen dari total anggaran sudah masuk ke rekening kami,” ujar Mawardi.

Sambung dia, tahap kedua sebesar 60 persen atau Rp23,4 miliar. Anggaran tahap kedua akan disalurkan oleh pemerintah paling lambat 4 bulan sebelum hari H pelaksanaan Pilkada.

"Pengalokasian dana hibah tersebut diantaranya yakni untuk operasional 27,05 persen, perjalanan dinas 2,59 persen, logistik 18,56 persen. Lalu, untuk pelatihan, Bimtek dan rapat kerja sebesar 12,90 persen. Kemudian, alokasi sosialisasi 4,19 persen, pelaksanaan kampanye 7,15 persen dan tahapan lainnya 27,56 persen," papar dia.*