Anggaran Terbatas, Pemko Batam tak Bantu Sekolah Swasta

Anggaran Terbatas, Pemko Batam tak Bantu Sekolah Swasta

21 Juni 2024
Salah satu sekolah swasta di Kota Batam/Net

Salah satu sekolah swasta di Kota Batam/Net

RIAU1.COM - Berdasarkan keterangan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kota Batam, Tri Wahyu Rudianto menyebutkan, sejauh ini bantuan yang diberikan pemerintah yang bersumber dari APBD Batam diperuntukkan bagi guru swasta. 

Sementara bantuan sekolah swasta belum ada. Hal ini mengingat keterbatasan anggaran daerah saat ini.

“Untuk sekolah swasta saat ini Pemerintah Kota Batam membantu dalam bentuk insentif pada guru swasta yang ada di Kota Batam. Bantuannya langsung diterima oleh guru yang bersangkutan. Tapi kalau subsidi dari APBD untuk sekolah swasta sampai saat ini belum ada,”kata Tri Wahyu, Kamis (20/6) yang dimuat Batampos.

Menurut Tri, keterbatasan anggaran daerah saat ini menjadi alasan tidak adanya bantuan bagi sekolah swasta. Selain itu ia melihat sekolah-sekolah di Batam juga telah mendapat bantuan operasional sekolah swasta yang dicover melalui dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) pemerintah pusat.

“Belum ada rencana untuk itu. Apalagi keterbatasan anggaran APBD kita, tentu hal ini belum memungkinkan,”ujar dia.

Disinggung mengenai adanya 628 calon siswa SD di Batam tak dapat bersekolah di sekolah negeri karena persoalan daya tampung dalam suatu zonasi, Tri meminta masyarakat yang anaknya tidak lolos PPDB di SD Negeri untuk mencari sekolah alternatif. Sebab kuota SD negeri terbatas. Sementara jika dilakukan penambahan kuota juga terkendala jumlah guru.

“Sementara kami meminta kepada orang tua dan wali murid untuk mendaftar anaknya di sekolah swasta,”tutur Tri.*