Destinasi Wisata Halal Kepri Dapat Pujian Wapres Ma'ruf Amin

Destinasi Wisata Halal Kepri Dapat Pujian Wapres Ma'ruf Amin

16 Maret 2024
Kunjungan Kerja Wapres Ma'aruf Amin di Kepulauan Riau

Kunjungan Kerja Wapres Ma'aruf Amin di Kepulauan Riau

RIAU1.COM - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dapat pujian dari Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin karena telah menyiapkan destinasi wisata halal. 

Menurutnya, perlu dilakukan kerjasama dengan negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia yang menjadi wisman tertinggi ke Provinsi Kepri.

“Untuk daerah wisata, industri halal menjadi unsur peting, tidak saja bagi mayoritas muslim,” kata Wapres Ma’ruf Amin di Gedung Daerah, Tanjungpinang akhir pekan ini yang dimuat Batampos.

Ma'ruf mencontohkan, Korea Selatan yang merupakan negara tujuan wisata dengan mayoritas bukan muslim kini telah mampu meningkatkan produk
halalnya. 

Sebab itu, ia meminta pemerintah daerah untuk membuat rancangan pengembangan industri halal baik dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah maupun dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang.

“2023-2029 targetnya adalah peningkatan produktivitas dan daya saing. Kuncinya adalah terbangunnya rantai nilai halal, dan berkelanjutan,” jelasnya.

Menurut Wapres, penguatan nilai rantai halal, dan daya saing industri halal nasional terus dikembangkan. Karena golnya adalah menjadikan Indonesia sebagai pemain utama. Ia mengaku bangga, atas upaya-upaya kongkret yang sudah dilakukan Provinsi Kepri.

“Kepri sebagai daerah kepulauan berpotensi besar sebagai jalan untuk mengembangkan ekonomi biru. Kembangkan potensi logistik halal agar Kepri Kepri menjadi hub perdagangan halal intrrnasional,” tegas Wapres.*