Foto Erman Safar di Paket Bantuan Beras, Ini Penjelasan Ketua Baznas Bukittinggi

Foto Erman Safar di Paket Bantuan Beras, Ini Penjelasan Ketua Baznas Bukittinggi

20 Maret 2024
Foto Erman Safar di Paket Bantuan Beras/Katasumbar

Foto Erman Safar di Paket Bantuan Beras/Katasumbar

RIAU1.COM - Terkait foto Wali Kota Erman Safar dalam paket bantuan beras 5 kilogram akhirnya direspons Badan Amil Zakat (Baznas) Bukittinggi.

Ketua Baznas Bukittinggi Muslimah mengatakan tak ada motif politik di balik beras bantuan itu.

Muslimah menyebutkan, adanya foto Erman Safar itu sebagai bentuk apresiasi Baznas terhadap sinergi dari Pemko Bukittinggi.

“98 persen zakat di Baznas berasal dari ASN Pemko Bukittinggi. Jadi ini bentuk apresiasi kita terhadap Walikota yang mewakili semua ASN,” ungkap Muslimah, Selasa 19 Maret 2024 yang dimuat Katasumbar.

Peran Erman Safar, sebut dia sebagai kepala daerah sangat berperan dalam terkumpulnya zakat, yang kemudian disalurkan untuk kepentingan masyarakat.

“Apalagi ada kebijakan 2,5 persen dari gaji ASN dizakatkan melalui Baznas. Itu tentu sangat berdampak positif dalam pengumpulan zakat,” ujar dia.

Sambung dia, tak hanya dalam pengumpulan zakat, Pemko Bukittinggi juga membantu dalam penyaluran, terutama terkait data masyarakat miskin atau yang membutuhkan.

“Sinergi kita sangat baik dengan Wali Kota, bahkan kita juga mendapat dana hibah untuk operasional. Makanya itu bentuk apresiasi kepada Wali Kota,” tuturnya.

Terdapat 4.500 paket bantuan beras 5 kilogram dengan logo Wali Kota Bukittinggi. Semuanya sudah berhasil disalurkan kepada pihak yang membutuhkan.

“Jadi ini hanya bentuk apresiasi kepada Wali Kota. Tidak ada penyelewengan, kita siap untuk diaudit bahkan sudah kita jelaskan ke Baznas Pusat,” tukasnya.*