Kepri Sukses sebagai Tuan Rumah Pertemuan IMT-GT 2023

Kepri Sukses sebagai Tuan Rumah Pertemuan IMT-GT 2023

2 Oktober 2023
Forum Indonesia, Malaysia, Thailand – Growth Triangle 2023

Forum Indonesia, Malaysia, Thailand – Growth Triangle 2023

RIAU1.COM - Forum Indonesia, Malaysia, Thailand – Growth Triangle (IMT-GT) tahun 2023 selesai digelar di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) selama 4 hari penuh, 26-29 September 2023. 

Peserta yang hadir dalam rapat penting ini terdiri dari ADB (Asian Development Bank), Asean Secretariat, IMT-GT Subregional Cooperation, IMT-GT JBC (Joint Business Council), UNINET (University Network) dan UNESCAP (United Nation Economic and Sosial Commission for Asia and The Pasific). Rapat ini meliputi berbagai agenda pembahasan yang kemudian menjadi kesepakatan bersama yang dituangkan dalam bentuk join collaboration IMT-GT.

“Kita senang karena para delegasi yang hadir, baik dari Malaysia dan Thailand sangat konsen sekali dan komitment untuk mewujudkan apa-apa yang menjadi kesepakatan bersama. KIta juga dengan senang hati menyambut kedatangan mereka disini. Semoga apa-apa yang menjadi kesepakatan bersama dari rapat ini bisa membawa kebaikan bagi Kepri kedepannya dan untuk Indonesia secara luas,” kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Ahad (1/10/2023) yang dimuat Batampos.

Sebagai Gubernur Kepri, dalam kesempatan ini Ansar juga sempat menyampaikan perkembangan pembangunan ekonomi di Kepulauan Riau dan di Indonesia secara umum. 

Dijelaskan Ansar pertumbuhan ekonomi Sumatera saat ini terus menguat pasca pandemi, seiring penguatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Di Kepulauan Riau saja pada triwulan 2 tahun 2023 pertumbuhan ekonominya mencapai 5,04 persen (year on year). Secara kumulatif pertumbuhan Sumatera tumbuh 4,90 persen (yoy) dan perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 5,17 persen.

“Akselerasi pertumbuhan ekonomi di Kepri didorong oleh pertumbuhan investasi. Di mana terdapat peningkatan kapasitas produksi yang dilakukan oleh pelaku usaha dan pembangunan infrastruktur yang masif seiring selesainya pembangunan jaringan Base Transceiver Station (BTS) sebagai akibat Kepri menjadi stasiun peluncuran satelit Satria-1 (Satelit Republik Indonesia),”jelas Ansar.

Selain itu, berbagai potensi kerja sama baik industri maupun pariwisata, lanjut Ansar, diantaranya Kepri memiliki potensi pengembangan industri halal dengan adanya Bintan Halal Hub, potensi industri teknologi digital di Nongsa Digital Park, dan juga potensi industri MRO dengan adanya KEK Galang Batang. 
“Harapan kita bersama terhadap forum IMT-GT CMGF ini dapat mengintensifkan networking dan kolaborasi antar negara, saling menggali potensi kerja sama sektor swasta, jaringan Universitas dan sektor-sektor lainnya,” papar dia.*