Kunjungan Wisman ke Kepri Naik 160 Persen

Kunjungan Wisman ke Kepri Naik 160 Persen

4 Desember 2023
Pelabuhan Batam/Shutterstock

Pelabuhan Batam/Shutterstock

RIAU1.COM - Kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) sepanjang Januari hingga Oktober 2023 berdasarkan catatan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencapai 1,2 juta atau sudah mencapai target yang ditentukan. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kadispar Provinsi Kepri, Luki Zaiman Prawira menyebutkan, kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) sejak Januari hingga Oktober 2023 sebanyak 1,2 juta kunjungan.

Jika dibanding dengan tahun sebelumnya dengan bulan yang sama, maka terjadi peningkatan kunjungan sebesar 160 persen.

“Kita di Kepri diberi target dari pusat untuk target wisman 2023 itu sebanyak 1,2 juta kunjungan. Alhamdulillah target itu sudah tercapai,” kata Luki, Senin (4/12) yang dimuat Batampos.

Kunjungan yang ada saat ini sudah sangat baik. Luki menargetkan hingga akhir Desember 2023 nanti bisa tercapai hingga 1,4 juta kunjungan, sebab rata-rata setiap bulan itu kunjungan mencapai 100 ribu lebih.

“Biasanya di Desember itu bisa naik lagi bisa mencapai 120 ribu lebih,” ujarnya.

Loading...

Menurut Luki, saat ini wisman sudah mulai percaya untuk datang ke Kepri pasca dilanda covid-19 dengan ekonomi yang mulai tumbuh dan berimbas pada kunjungan wisman ke Kepri.

“Peningkatan kunjungan ini memberi multi efek, seperti transportasi dan hunian hotel sehingga kegiatan ekonomi lebih tinggi,” ujarnya.

Sebenarnya, lanjut Luki kunjungan wisatawan lokal juga tinggi bahkan jumlahnya melebihi wisman. Dengan dua sumber kedatangan itu dapat disimpulkan kunjungan wisatawan ke Kepri sangat bagus.

“Kunjungan wisman di Kepri juga dipengaruhi dengan durasi libur masyarakat di Singapura dan Malaysia serta event bertaraf internasional yang ada di Kepri,” paparnya.*