Orangtua Daftar PPDB Online di Sekolah Gegara Jaringan Internet di Bintan Lelet

Orangtua Daftar PPDB Online di Sekolah Gegara Jaringan Internet di Bintan Lelet

15 Juni 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Sebagian orangtua dan calon peserta didik memilih mendatangi sekolah untuk melakukan pendaftaran secara online pada proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2023.

“Hanya beberapa persen saja yang datang ke sekolah karena sebagian besar orangtua dan calon peserta didik sudah pandai gunakan ponsel,” kata Kepala SMAN I Bintan Utara, Sunaryono yang dimuat Batampos.

Menurut dia, sebagian kecil orangtua dan calon peserta didik yang datang ke sekolah karena jaringan internet di tempat tinggalnya lamban.

“Kadang jaringan internetnya lelet,” ujar dia lagi

Dia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan petugas untuk membantu orangtua dan calon peserta didik yang ingin mendaftar secara online.

“Nanti diajarkan cara mendaftar secara online,” kata dia.

Sunaryono mengatakan, pendaftaran PPDB tingkat SMA dilakukan secara online mulai tanggal 13 sampai 19 Juni mendatang untuk jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan orangtua.

Sedangkan jalur zonasi dibuka pada 22 sampai 26 Juni 2023 mendatang.

Dia mengatakan, untuk persentase jalur afirmasi sekira 15 persen, jalur prestasi sekira 15 persen dan jalur perpindahan orangtua sekira 5 persen. Sedangkan jalur zonasi sekira 65 persen.

Untuk kuota, dia mengatakan, dibuka 7 rombongan belajar (rombel) dengan 1 rombel maksimal 36 siswa sehingga kuota yang diterima sekira 252 siswa.

Disinggung soal pungutan, dia menegaskan, pihaknya bebas pungutan dalam PPDB.

“Kita bebas pungutan. Tapi kalau ada panitia kami yang melakukan itu, hari ini juga akan kami laporkan sesuai prosedur dan sanksi yang berlaku,” tegasnya.*