Penyelesaian Masalah Air Bersih di Batam, Ini Kata Kepala BP M Rudi

Penyelesaian Masalah Air Bersih di Batam, Ini Kata Kepala BP M Rudi

27 Juni 2023
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi

RIAU1.COM - Persoalan air di Batam kata Kepala BP Batam, Muhammad Rudi sejauh ini masih salah satu hal yang fokus untuk dibenahi.

Rudi mengaku telah beberapa kali menyampaikan bahwa peremajaan jaringan pipa air terus dilakukan. 

Oleh karena itu, ia meminta PT Air Batam Hulu-Hilir (ABH) dan SPAM BP Batam untuk segera menyelesaikan permasalahan yang menjadi sorotan masyarakat.

"Persoalan air tetap menjadi prioritas utama. Kami terus bekerja dan berusaha agar masalah ini dapat diselesaikan. Oleh karena itu, kesabaran sangat penting agar pekerjaan berjalan dengan lancar," ujar Rudi belum lama ini seperti dimuat Batamnews.

Rudi menjelaskan bahwa peremajaan pipa air sangat diperlukan. Tidak tanpa alasan, karena pipa-pipa tersebut sudah berusia lebih dari 20 tahun. Oleh karena itu, beberapa instalasi membutuhkan peremajaan agar distribusi air dapat optimal.

"Kami ingin menyelesaikan masalah air secara menyeluruh agar tidak terulang kembali. Kami mohon doa agar tim di lapangan dapat bekerja dengan baik untuk menyelesaikan masalah ini," tambahnya.

Sebut dia lagi, BP Batam telah melakukan sejumlah langkah strategis untuk memberikan solusi sementara terhadap masalah air. Salah satunya adalah dengan menambah dua Instalasi Pengolahan Air (IPA) berkapasitas masing-masing 10 liter per detik di Waduk Sei Harapan. 

"Dengan demikian, terdapat tambahan 20 liter per detik untuk kawasan yang mengalami tekanan air tinggi di Sekupang," tuturnya.*