Puluhan Ton Ikan Beku Bermasalah di Batuampar Disegel

Puluhan Ton Ikan Beku Bermasalah di Batuampar Disegel

10 Juni 2023
Saat penyegelan ikan beku bermasalah

Saat penyegelan ikan beku bermasalah

RIAU1.COM - Sebanyak 20 ton ikan beku jenis salem atau Frozen Pacific Mackerel di gudang PT D yang berlokasi di dalam kawasan industri Union, Batuampar belum lama ini disegel Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Diketahui ikan ini peruntukan untuk industri pemindahan namun belakangan beredar di pasar Batam. KKP yang dipimpin langsung oleh Menteri Sakti Wahyu Trenggono, mengambil tindakan tegas dengan menyegel ikan beserta gudangnya.

“Ikan beku salem ini harusnya beredar untuk industri pemindangan namun bocor ke pasaran. Mungkin juga pengusahanya tidak atau atau pura-pura tidak tahu tapi mereka mengakui kesalahannya. Selanjutnya kita berikan penyegelan sebagai bentuk peringatan agar tidak mengulangi lagi,” Menteri Trenggono yang dimuat Batampos.

Dengan adanya penyegelan ini, tentunya KKP akan menindak lanjuti pemilik atau penanggung jawab atas ikan-ikan tersebut sebagai langka pengawasan dan penindakan. Tujuannya agar pelaku importir yang ada di dalam Negeri tidak melenceng dari aturan yang sudah ada.

“Ikan ini dari China. Kita segel dan tindak sebagai bentuk pembinaan kepada importir agar tidak melenceng di lapangan,” ujar Trenggono.

Dijelaskan menteri Trenggono, beredarnya ikan impor ini tentu sangat berdampak dengan nilai jual ikan hasil tangkapan nelayan lokal.

Ikan lokal yang dijual diatas To 26 ribu perkilogram kalah bersaing dengan ikan impor yang dijual dengan angka Rp 18 ribu hingga Rp 19 ribu perkilogram.

“Itu poinnya. Mengganggu nilai jual ikan tangkapan nelayan lokal. Pelanggaran mereka adalah menjual ikan ini ke luar, padahal izin impornya untuk proses pemindahan,” ujar Trenggono.*