Venue Dayung untuk Porprov X Riau 2021, Bupati Kuansing Sebut Pengerukan Danau Kebun Nopi Masih Wacana

Venue Dayung untuk Porprov X Riau 2021, Bupati Kuansing Sebut Pengerukan Danau Kebun Nopi Masih Wacana

17 Februari 2020
Bupati Kuansing, Mursini

Bupati Kuansing, Mursini

RIAU1.COM - Beberapa waktu lalu, Pemkab Kuantan Singingi (Kuansing) mewacanakan untuk melakukan pengerukan menambah dalam danau Kebun Nopi yang menjadi venue cabor dayung pada Porprov X Riau tahun 2021 mendatang.

Terkait dengan rencana itu, Bupati Kuansing, Mursini menuturkan, pengerukan tersebut masih sebatas wacana dan saat ini masih dalam perundingan, apakah akan dikeruk, atau tidak. Karena, kedalamannya sekarang sekitar 2,5 meter.

"Memang ada rencana penambahan kedalaman. Namun yang menjadi masalah, kemana tanah itu kita buang. Karena itu hampir 30 hektare untuk pengerukan itu," kata Mursini kepada Riau1.com, Senin 17 Februari 2020.

Mursini menyebut, untuk sekarang ini, kedalaman danau Kebun Nopi sudah memenuhi standar untuk pertandingan dayung pada Porprov X Riau 2021 mendatang. "Untuk saat ini sudah cukup, bahkan venue kita itu adalah venue terbaik di Asia Tenggara saat ini," ungkapnya.

"Kita sudah pastikan, untuk cabor dayung sudah tidak ada masalah lagi, termasuk venue Kebun Nopi. Kemarin sempat ada kebocoran, dan itu sudah kita perbaiki. Bahkan saat ini sudah menjadi tempat wisata oleh warga," ungkapnya.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu Dinas PUPR Kuansing menyebut akan melakukan pengerukan danau Kebun Nopi, akan tetapi sampai saat ini belum ada kepastian kapan akan dimulai pengerukan tersebut.