Awasi Dana Bantuan Covid-19, Sukarmis Ingatkan Fraksi Golkar DPRD Kuansing

Awasi Dana Bantuan Covid-19, Sukarmis Ingatkan Fraksi Golkar DPRD Kuansing

6 Mei 2020
Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Riau H. Sukarmis..

Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Riau H. Sukarmis..

RIAU1.COM -KUANSING - Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Riau yang juga Tokoh Senior Golkar Riau, H Sukarmis mendukung pernyataan Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto, agar seluruh kader partai mengawasi dan memastikan bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang disalurkan pemerintah tepat sasaran dan tidak menyalahi aturan.

Oleh sebab itu, seluruh anggota Fraksi Golkar yang ada di DPRD Kuansing, untuk aktif mengawasi detail penyaluran bantuan dampak dari Covid-19 terhadap masyarakat Kuansing. "Sesuai himbauan ketum, saya minta seluruh anggota fraksi Golkar di DPRD Kuansing, agar mengawasi maksimal penyaluran bantuan Corona. Pastikan masyarakat yang terdampak menerima haknya," Ungkap Mantan Bupati Kuansing dua periode (2006-2011 dan 2011-2016).

Menurut Ketua Badan Kehormatan DPRD Riau, Dampak virus Corona dirasakan seluruh masyarakat, tidak memandang strata sosial. Karena dirinya ingin agar para wakil rakyat yang berasal dari Golkar, mengawal penyaluran setiap bantuan ini. "Semuanya sekarang ini masyarakat kita berharap bantuan yang dijanjikan pemerintah, dimana-dimana itu saja yang diharapkan. Bantuan itu harus jelas penerimanya, dan jangan pula sampai menyalahi aturan yang ada. Itu yang penting," Ujarnya.

Sebab, katanya, Untuk penerima bantuan itu ada ketentuannya. Sesuai urutannya, yang menerima BLT itu anggota PKH sumber dana dari APBN dan Provinsi. Ada BPNT sumber dananya dari APBN dan Provinsi. Lalu, ada dari Bansos Kemensos yang sumbernya jelas dari APBN. Seterusnya, ada BLT Dana Desa (DD) yang sumbernya dari APBDes. Dan terakhir, ada bansos dari kabupaten yang bersumber dari APBD Kabupaten, Dan lainnya.

"Bantuan itu harus segera disalurkan, sesuai instruksi Pak Presiden. Dan sebagai wakil rakyat, semua kita harus mengawasinya. Terutama anggota fraksi Golkar di DPRD Kuansing, harus aktif melakukan pengawasan," Ingatnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Golkar DPRD Kuansing, Dr Adam SH MH mengaku siap memaksimalkan fungsi pengawasan agar bantuan Corona ini tepat sasaran dan tidak disalahgunakan. "Tentunya, semua kita harus mengawasi," Tukasnya.  (Zar)