Pengamat: Sektor Ekonomi Kreatif di Kuansing Harus Dikembangkan

Pengamat: Sektor Ekonomi Kreatif di Kuansing Harus Dikembangkan

11 Maret 2022
Batik, salah satu karya ekonomi kreatif di Kuansing

Batik, salah satu karya ekonomi kreatif di Kuansing

RIAU1.COM - Saat ini pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) cukup signifikan meskipun  dimasa pandemi Covid -19.

Namun petumbuhan ekonomi ini belum terdistribusi secara merata kepada seluruh lapisan masyarakat, hal ini disebabkan oleh sumber pertumbuhan ekonomi didominasi sektor perkebunan, dan pertambangan galian.

Seperti itu disampaikan pengamat ekonomi Riau Dr. Trian Zulhadi pada acara live show dialog interaktif di Radio LPLL Kuansing belum lama ini.

"Saatnya pemerintah daerah merubah sumber pertumbuhan ekonomi baru dari sektor ekonomi kreatif ini di kuansing", ujarnya.

Pertumbuhan yang berkualitas, sebut dia, merupakan indikator keberhasilan pemerintah namun harus pertumbuhan yang merata dimasyarakat Kuansing.

" Pertumbuhan ekonomi yang berkualitas harus didukung oleh segala sektor hal ini perlu didukung oleh sektor ekonomi kreatif", ujarnya.

Pemerintah Kuansing jauh, tambah dia, sebelumnya sudah terus berupaya mengembangkan ekonomi kreatif dan saat ini sudah ada ekonomi kreatif seperti batik Kuansing

"Batik Kuansing yang dipelopori oleh Kadis Kopdagrin Drs. Azhar sudah bisa memotivasi kreatifitas masyarakat Kuansing", tutur dia. 

Menurut dia lagi, masyarakat Kuansing cukup kreatif dalam berinovasi dan berkreasi, tinggal bagaimana pemerintah tetap fokus mendukung ekonomi kreatif.*