Berikut Besaran Anggaran Pengamanan Pilkada di Kuansing Akhir tahun Ini

Berikut Besaran Anggaran Pengamanan Pilkada di Kuansing Akhir tahun Ini

15 Mei 2024
Forkopimda Kuantan Singingi

Forkopimda Kuantan Singingi

RIAU1.COM - Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk kegiatan pengamanan pemilihan bupati dan wakil bupati Kuantan Singingi (Kuansing) tahun 2024, dilakukan bupati Dr. H. Suhardiman Amby.

Bupati Kuansing, Suhardiman Amby mengatakan pentingnya peran dan fungsi TNI dan Polri dalam menciptakan keamanan dan ketertiban terkhusus pada penyelenggaraan pilkada tahun 2024.

"Peran dan fungsi TNI - Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban saat pelaksanaan pilkada nanti tentunya sangat diperlukan. Oleh karena itu, Pemkab Kuansing akan mendukung sepenuhnya segala program dan terobosan dari TNI dan Polri untuk terwujudnya pranata kehidupan sosial masyarakat yang kondusif," jelas dia.

Sambung dia, sebagaimana amanat Undang-undang Pemilu nomor 17 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, maka ada kewajiban pemerintah daerah dalam mengalokasikan anggaran yang cukup untuk kegiatan pengamanan pemilihan kepala daerah.

“Hal ini menjadi dasar acuan kita dalam melakukan penandatangan NPHD, sebagaimana telah dialokasikan dalam APBD Kuansing tahun anggaran 2024. Hibah dari Pemerintah Daerah kepada TNI dan Polri (dalam hal ini kepada TNI dan Polres Kuansing) untuk giat Pam Pilkada Kuansing tahun 2024,” tuturnya.

Sementara itu, Pabung Kodim 0302/ Kapten Inf. Legimin mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Pemkab Kuansing kepada TNI dan Polri dalam mensukseskan penyelenggaraan pilkada tahun 2024.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Bupati Kuansing beserta jajarannya, sehingga kami pun harus berbuat maksimal untuk kegiatan pelaksanaan pilkada di tahun 2024,” tutur dia.

Senada dengan apa yang disampaikan Pabung 0302/Inhu, Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Soegito, juga mengucapkan terima kasih. Adanya NPHD senilai Rp5 miliar tersebut, tentunya untuk mendukung lancarnya pelaksanaan pilkada tahun 2024.

“Ini sangat mendukung dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada tahun 2024 sebagaimana amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab serta harus dipersiapkan dengan baik. Kami juga meminta dukungan dari Pemkab Kuansing beserta instansi terkait,” ujar Kapolres Kuansing.*