Bupati Kuansing: Menuju Indonesia Emas Kuncinya Digitalisasi

Bupati Kuansing: Menuju Indonesia Emas Kuncinya Digitalisasi

20 Mei 2024
Pameran capaian program pembangunan Pemkab Kuansing

Pameran capaian program pembangunan Pemkab Kuansing

RIAU1.COM - Pameran capaian program pembangunan di Aula SMA Pintar Teluk Kuantan, Senin (20/05) Siang dibuka Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Dr. H. Suhardiman Amby.

Kegiatan tersebut bersempena dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Musrenbang RPJPD) ditaja oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Kuansing.

Rangkaian acara pameran Musrenbang RPJPD diawali dengan kegiatan lomba mewarnai anak usia dini, selain itu juga terlihat puluhan stand dari seluruh OPD dengan menampilkan capaian kinerja pembangunan di Kuansing selama 5 tahun terakhir.

Bupati Kuansing mengatakan bahwa untuk menuju Indonesia emas, kuncinya adalah digitalisasi.

“Kedepannya, kemajuan Kuansing harus diiringi dengan digitalisasi sehingga daerah kita mampu mengimbangi kemajuan daerah lain," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa kegiatan ini memiliki beberapa sasaran utama terkait visi daerah, diantaranya meningkatnya pendapatan perkapita penduduk, pengurangan tingkat kemiskinan dan ketimpangan sosial, peningkatan daya saing serta sumber daya manusia.

“Mari kita manfaatkan momentum ini sebagai wadah untuk penyelesaian perencanaan pembangunan yang komprehensif dan berkelanjutan. Kita memiliki kesempatan untuk mengoptimalkan potensi daerah," sebut dia.

Sementara Kepala Bappeda Litbang, Japrinaldi, mengatakan bahwa tindak lanjut dari pameran capaian Musrenbang RPJPD ini adalah untuk mempertajam sasaran prioritas maupun lokus-lokus pembangunan, supaya berfokus kepada kebutuhan masyarakat.

“Targetnya adalah bagaimana kita bisa mensejahterakan masyarakat dan bagaimana masyarakat bisa hidup nyaman dan tenang. Kami dari Bappeda litbang mewakili Pemkab Kuansing meminta saran dan masukannya untuk perbaikan perencanaan pembangunan di Kuansing,"tuturnya.*