Bupati Suhardiman Amby Klaim Pertumbuhan Pariwisata di Kuansing Semakin Baik

Bupati Suhardiman Amby Klaim Pertumbuhan Pariwisata di Kuansing Semakin Baik

9 Juni 2024
Bupati Kuansing, Suhardiman Amby menghadiri Pacu Jalur di Pangean

Bupati Kuansing, Suhardiman Amby menghadiri Pacu Jalur di Pangean

RIAU1.COM - Menurut bupati Dr Suhardiman Amby, pertumbuhan dunia pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) semakin baik. Hal ini ditandai dengan semakin gemarnya masyarakat terhadap budaya dan olahraga pacu jalur.

"Antusias masyarakat dan para pemacu semakin meningkat. Sebelumnya, di Tepian Pantai Lubuk Terentang Kecamatan Gunung Toar beberapa waktu lalu, terdapat 60 jalur yang ikut berpartisipasi. Sementara di Kecamatan Pangean ini mengalami penambahan hampir mendekati 2 kali lipat, yakni 104 Jalur, bahkan kabupaten tetangga pun ikut berpartisipasi," kata Suhardman Amby saat membuka Festival Pacu Jalur di Tupian Rajo Kecamatan Pangean

Suhardiman Amby menyampaikan, bahwa pada Pacu Jalur Tradisional di Kecamatan Pangean ini akan diliput oleh rombongan Tim Ekspedisi Jurnalistik PWI Se- Riau untuk membuat Karya Tulis Jurnalistik dengan tema Pacu Jalur, sebagai rangkaian dari agenda peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Provinsi Riau.

"Melalui tulisan dari rekan-rekan pers ini tentunya menjadi suatu wadah promosi. Beberapa waktu lalu, kita juga sudah melakukan promosi di Bali, dan pada hari ini promosi dilakukan melalui tulisan dari para peserta ekspedisi jurnalistik. Pacu Jalur ini, masuk diurutan ketujuh Kharisma Event Nusantara. Semoga tulisan dari rekan-rekan pers ini, akan banyak dibaca oleh masyarakat luas maupun wisatawan, agar Pacu Jalur semakin mendunia," papar dia.

Selain itu, bupati juga mengharapkan agar Pacu Jalur ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Ayo kemas produk yang kita jual dengan menarik, agar para pengunjung tertarik untuk membeli berbagai produk-produk UMKM dari masyarakat. Nantinya juga akan ada penampilan Tradisi Silek Pangean dan penampilan dari Rayola, agar lebih meningkatkan daya tarik masyarakat untuk menyaksikan Pacu Jalur," tutur dia.*