Kecamatan Benai akan Jadi Sentra Pangan di Riau

Kecamatan Benai akan Jadi Sentra Pangan di Riau

27 Februari 2023
Plt Bupati Kuansing, H Suhardiman Amby panen raya di Benai

Plt Bupati Kuansing, H Suhardiman Amby panen raya di Benai

RIAU1.COM - Masyarakat diharapkan Plt Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Suhardiman Amby mampu memulai Pertanian Terpadu. Karena sektor pertanian ini menjadi salah satu ujung tombak pembangunan dan potensi meningkatkan perekonomian berbasis kerakyatan.

Pernyataan tersebut disampaikan Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby saat menghadiri panen raya padi bersama Kelompok Tani Desa Pulau Lancang, kecamatan Benai belum lama ini .

"Untuk memulai pertanian terpadu, seperti pemanfaatan lahan selain padi, bisa juga dengan berternak ayam, pupuknya bisa bermanfaat untuk tanaman lainnya, artinya keuntungan petani ini tidak hanya di padi saja, tapi keuntunganny juga terpadu sehingga percepatan menuju kesejahteraan petani dirasakan dengan cepat," papar Plt Bupati.

Kecamatan Benai, sebut dia, akan dijadikan sentra Lumbung Pangan di Kabupaten Kuansing, bahkan Gubernur akan jadikan Benai sebagai sentra Pertanian di Riau.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Pulau Lancang Oktavian menjelaskan, untuk Desa Pulau Lancang, sebelumnya di tahun 2022 lalu dengan luas lahan sawah 28.5 hektar, dengan rata-rata produktivitas 5.7 ton per hektar dan produksi pada tahun 2023 sekitar 6.4 ton per hektar.

"Saya berterima kasih kepada Bapak Bupati karena perhatian ke Desa Pulau Lancang, sehingga sudah banyak pembangunan publik yang dirasakan masyarakat seperti pintu air, batu baronjong, irigasi serta infrastruktur lainnya, seperti jalan di aspal dan perbaikan jembatan," tutur Kades Pulau Lancang.*