Kuansing Daerah Karhutla Terluas Kedua di Riau, Bupati Suhardiman Keluarkan Instruksi Khusus

Kuansing Daerah Karhutla Terluas Kedua di Riau, Bupati Suhardiman Keluarkan Instruksi Khusus

8 Oktober 2023
Apel penanganan Karhutla Kuansing

Apel penanganan Karhutla Kuansing

RIAU1.COM - Apel siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhurtla) Kuantan Singingi (Kuansing) bersama seluruh kesatuan BPBD, Satpol PP, Damkar dan Dishub dipimpin langsung bupati Drs. H. Suhardiman Amby.

"Berdasarkan data saat ini, Kuansing berada di posisi kedua luas wilayah yang terbakar setelah Inhu. Saya instruksikan untuk bersiaga 24 jam menghadapi situasi bencana Karhutla yang membahayakan kesehatan masyarakat," kata dia.

Dia mengaku akan memenuhi seluruh kebutuhan tim, baik itu kendaraan, alat serta konsumsinya. 

"Apel bersama siaga karhutla ini dilaksanakan sebagai upaya penguatan mental, tekhnis, keahlian serta pembekalan yang cukup agar tim dapat bergerak cepat mengatasi pencegahan semakin daruratnya bencana asap ini," ujar bupati.

Untuk tim Satpol PP, bupati perintahkan untuk kembali ke desa asalnya selama bencana asap, ini agar nantinya bisa berkoordinasi dengan pemerintah setempat memberikan himbauan untuk tidak membakar lahan dan menginformasikan secara cepat jika ada titik api di lokasi tersebut.

"Intinya kita ingin agar lingkungan selamat, kesehatan terjamin, serta satwa di dalam hutan tersebut tetap terlindungi. Jadi, jangan membuka lahan dengan cara membakar serta jangan ada masyarakat yang terjerat hukum akibat pembakaran lahan," tegas dia.*