Kuansing Jadi Sasaran Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama Kemenag RI

Kuansing Jadi Sasaran Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama Kemenag RI

27 Maret 2024
Tim Badan Litbang Kemenag RI di Kuansing

Tim Badan Litbang Kemenag RI di Kuansing

RIAU1.COM - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dikunjungi Tim Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, dalam upaya coaching enumerator untuk survei Indeks Kerukunan Umat Beragam (KUB).

Kepala Kantor Kemenag Kuansing, Drs H Efrion Efni, didampingi oleh Kepala Subbag TU H Bakhtiar Shaleh, S Ag., MH, menyambut langsung kedatangan perwakilan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Drs H Efrion Efni, mengatakan bahwa, tujuan kunjungan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI tersebut adalah untuk melakukan survei indeks kerukunan umat beragama Tahun 2024.

"Dimana Kabupaten Kuantan Singingi termasuk salah satu dari 4 kabupaten kota di Provinsi Riau yang terpilih sebagai kabupaten kota sasaran survei Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Tahun 2024,"ujarnya. 

Kemudian dia menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian penting dari upaya Kementerian Agama dalam mengukur dan memahami dinamika kerukunan umat beragama di Indonesia.

Juga, sebut dia,  merupakan langkah strategis yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas penyuluh agama sebelum melakukan survei indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) di lapangan.

“Untuk Kabupaten Kuantan Singingi, telah dipilih 10 Penyuluh Agama sebagai enumerator Suvei Indeks KUB Tahun 2024"jelasnya lagi.

Kakan Kemenag berharap, setelah menerima coaching dari tim Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, para enumerator ini dapat menemukan ilmu baru atau kiat-kiat agar diperoleh hasil sesungguhnya serta tentu saja bagus sehingga mampu menaikkan indeks Kerukunan Umat Beragama di Provinsi Riau.

"Setelah ini, kami harapkan dapat meningkatkan dan menambah ilmu dalam upaya menaikkan indeks kerukunan umat beragama di Provinsi Riau,"tukasnya.*