Kuansing Kirim Atlet Basket Latihan ke Eropa

Kuansing Kirim Atlet Basket Latihan ke Eropa

15 Maret 2024
Fatih Ramadhan (kanan) atlet basket Kuansing

Fatih Ramadhan (kanan) atlet basket Kuansing

RIAU1.COMFatih Ramadhan (18) siswa SMA Negeri 1 Teluk Kuantan, lolos 15 besar atlet basket yang akan diberangkatkan latihan ke negara Lithuania yang berada di benua Eropa. 

Hal tersebut dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) H. Doni Aprialdi, saat menemui Bupati Kuansing Dr. H. Suhardiman Amby.

Fatih, sebut Kadis Doni merupakan satu-satunya putra daerah dari Riau yang terpilih pada program Perbasi Nasional diajang pencarian talenta usia 18 tahun pebasket se-Indonesia yang digelar di 11 regional, salah satunya Regional Sumatera. 

“Ini menjadi cita-cita dan motivasi untuk kita semua, karena Bupati Suhardiman Amby selalu canangkan Kuansing untuk Indonesia. Hari ini kita wujudkan itu, 1 orang dari atlet Perbasi Kuansing bisa mewujudkan Harapan Bupati Suhardiman Amby," kata Kadisdikpora Kuansing H. Doni Aprialdi. 

H. Doni Aprialdi juga menambahkan bahwa selepas lolos seleksi di Palembang, dilanjutkan dengan seleksi di Pusat, yaitu di Surabaya. Saat seleksi di Surabaya dikumpulkan 100 orang pebasket muda se-Indonesia untuk mengikuti seleksi bersama pelatih dari Lithuania. Lalu dari 100 pebasket muda itulah diambil 15 besar yang akan diberangkatkan latihan ke Lithuania. 

"Luar biasanya 1 orang utusan Riau, tepatnya putra daerah Kuansing lolos dan bisa bersaing di kanca nasional. Alhamdulillah Fatih Ramadhan dari Kuansing masuk 15 besar yang akan diberangkatkan ke Lithuania untuk dilatih menjadi Tim Nasional. Fatih diseleksi langsung oleh tim dan pelatih dari Lithuania," papar dia. 

Sementara itu, Bupati Kuansing H. Suhardiman Amby mengaku sangat bangga akan prestasi dari Atlet Kuansing. Fatih Ramadhan lolos menjadi salah satu pebasket muda yang akan berlatih di Lithuania.

"Jujur saja, saya sangat bangga. Hari ini beliau hadir ke sini dengan membawa harapan baru kepada generasi muda di Kuansing. Saya bertemu langsung dengan Fatih Ramdhan dan baru kali ini berjumpa," ujar bupati.

“Semoga Fatih kedepannya bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasinya hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Terimakasih juga kepada Disdikpora dan Perbasi Kuansing yang telah berhasil mencetak atlet muda berprestasi," tukasnya.*