Kuansing Luncurkan Event Pariwisata Tahun 2023

Kuansing Luncurkan Event Pariwisata Tahun 2023

21 Februari 2023
Peluncuran kalender event pariwisata Kuansing

Peluncuran kalender event pariwisata Kuansing

RIAU1.COM - Kalender Event Pariwisata Kuantan Singingi (Kuansing) 2023 diluncurkan Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby awal pekan ini.

Ada 23 Kalender Event selama tahun 2023, yang terdiri dari 10 even poariwisata dan 13 event kebudayaan dan pariwisata antara lain, Festival Perahu Baganduang, festival Batik, festival silat, festival Sepak Rago, festival Permainan Tradisional, festival Reog, fertival Mamucuak dan lain lain.

"Dengan banyaknya event pariwisata diharapkan UMKM memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mempergunakan momen ini sebagai tempat memasarkan produk dan secara tidak langsung kita berharap dapat meningkatkan ekonomi masyarakat”, ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kuansing Azhar membeberkan alasan kenapa  banyak event dilaksanakan pada tahun ini.

"Pertama adalah kita ingin melestarikan budaya yang mungkin sudah mulai menghilang dari kebiasaan masyarakat kita, seperti fertival permainan tradisional bermain gasing dan permainan rakyat lainnya,"sebut dia.

"Kedua kita ingin memberikan apresiasi kepada masyarakat kita yang dengan tekun tetap melaksanakan beberapa tradisi secara mandiri seperti sepak Rago, silat, dan lain lain,  dan tahun ini kita suport dengan anggaran dari APBD," sambung dia.

Lalu sebut dia, yang ketiga kita berharap dengan adanya festival ini yang dilaksanakan di beberapa Kecamatan kiranya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui penjualan produk UMKM.

"Untuk kegiatan disetiap event yang masuk dalam kalender pariwisa akan dibantu dengan anggaran APBD," tutur dia.*