Masyarakat Kuansing Diminta Segera Aktivasi KTP Digital

Masyarakat Kuansing Diminta Segera Aktivasi KTP Digital

21 Maret 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Sebagai upaya memudahkan masyarakat dalam beraktivitas, terutama terkait pengggunaan kartu Identitas diri atau KTP, sebaiknya dilakukan aktifasi identitas kependudukan digital melalui android. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kuansing, H M Refendi Zukman, melalui Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelaksanaan Yasrizon awal pekan ini.

Dijelaskan Yasri, identitas kependudukan digital atau digital ID adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan,

"Dengan adanya identitas kependudukan digital, pastinya banyak manfaat yang akan didapatkan oleh warga seperti mempermudah verifikasi diri tanpa harus membawa KTP fisik, mempermudah pengaksesan pelayanan publik, dan mempermudah mengakses data anggota keluarga," kata dia. 

Selain itu, sebut dia, manfaat dari identitas kependudkan digital dapat menghindari terjadinya pemalsuan data kependudukan sebab KTP merupakan identitas resmi seorang penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan instansi pelaksana.

"Aplikasi IKD sangatlah mudah disematkan di gawai kita, dapat langsung di download oleh masyarakat melalui  Play Store pada smartphone berbasis android," ujarnya.

"Bagi warga yang ingin mengaktivasi identitas kependudukan digital ini, bisa mendatangi petugas di Kantor Disdukcapil Kabupaten Kuantan Singingi  atau datang ke tempat-tempat pelayaanan keliling di kecamatan dan desa," tutur dia.*